Rupiah Perkasa Pagi Ini, Pemulihan Ekonomi RI Jadi Sorotan

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Kamis pagi, 13 Juli 2023. Terpantau pukul 09.16 WIB rupiah menguat sebesar 25 poin atau 0,52 persen ke posisi Rp 15.128 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.153 per dolar AS.

Tidak Pakai Dolar, Rusia Beli Senjata dari India Gunakan Rupee

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.084 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat pada hari ini. Menurutnya, pemulihan ekonomi Indonesia saat ini menunjukkan semakin kuat.

Seorang Perwira dan 4 Tentara Irak Tewas Diserang ISIS

"Terutama sejak diterpa pandemi COVID-19 sejak tiga tahun lalu. Optimisme proses pemulihan ekonomi yang kuat dan stabil, mendorong Indonesia kembali masuk di dalam kelompok upper middle income country," kata Ibrahim dalam risetnya Kamis, 13 Juli 2023.

Ilustrasi uang rupiah di bank

Photo :
  • vstory
Rupiah Lesu ke Rp 16.128 per Dolar AS

Ibrahim mengatakan, ekonomi Indonesia pada 2022 tumbuh 5,31 persen atau berada di atas target APBN yang sebesar 5,2 persen. Untuk Produk Domestik Bruto (PDB) riil tahun 2022 Indonesia sebesar 7 persen. Angka itu ada di atas PDB sebelum terjadinya pandemi tahun 2019.

Ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory

"Capaian ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu terus melakukan ekspansi secara robust dan konsisten. Terutama di tengah dinamika perekonomian global yang sangat volatile pada periode tersebut, yang telah menyebabkan banyak negara kembali mengalami pelemahan ekonomi," jelasnya.

Selain itu kata dia, pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2022 terjadi secara lebih merata. Seluruh sektor produksi dan seluruh wilayah di Indonesia sudah mampu bangkit dan kembali tumbuh positif.

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup menguat direntang Rp 15.010-Rp 15.130," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya