Menteri Teten: UMKM dan Koperasi Bakal Garap Produk Hilirisasi Nikel

Menkop UKM Teten Masduki.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkapkan bahwa koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan berperan dalam hilirisasi nikel. Ia sudah meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar produk dari hilirisasi nikel seperti sendok dan garpu dikerjakan oleh koperasi dan UMKM.

Masa Depan Perekonomian Nusantara di Tangan Generasi Muda

Teten mengatakan, hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas lapangan pekerjaan di Indonesia. Karena menurutnya, 97 persen lapangan kerja yang tersedia berasal dari usaha mikro di sektor informal.

"Kita diminta oleh Pak Presiden segera melakukan hilirisasi, selain hilirisasi mineral. Saya juga sudah minta (ke Presiden) kalau nanti produk nikel, kalau garpu sendoknya yang dibikin dari nikel harus hilirisasi oleh koperasi, oleh UMKM," kata Teten dalam acara Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, Jumat, 14 Juli 2023.

IMA Waspadai Sinyal Pelemahan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Ilustrasi Smelter nikel.

Photo :
  • vstory

Teten menuturkan, hilirisasi ke depannya harus melibatkan UMKM, dan setiap daerah juga penting untuk melakukan hilirisasi dengan produk keunggulannya masing-masing. Sebab dengan itu, akan meningkatkan kualitas lapangan kerja di Indonesia.

Arif Budimanta Sebut UU Cipta Kerja Beri Banyak Manfaat kepada Pelaku UMKM

"Di setiap daerah punya banyak keunggulan, misalnya di Kalimantan ada 10 ribu ton per bulan rotan hari ini baru diserap industri furniture di Jawa hanya 1.000 ton. Jadi ini kita harus cari upaya bagaimana memanfaatkan rotan ini yang luar biasa di Kalimantan," jelasnya.

Menurutnya, hal itu juga penting dilakukan sebab Pemerintah menargetkan pada 2045 Indonesia masuk menjadi negara maju.

"Kita harus menaikkan pendapatan per kapita kita dari US$4.500 menjadi US$12.000 minimum. Hilirisasi tambang dan sebagainya itu bagus untuk membangun industri yang berbasis keunggulan domestik bahan baku lokal," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya