Bertahan di Level Rp 15.200 per Dolar AS, Rupiah Hari Ini Bakal Bertenaga?

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 10 Agustus 2023. Rupiah melemah sebesar 11 poin atau 0,10 persen ke posisi Rp 15.200 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.189 per dolar AS.

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.206 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat pada hari ini. Menurutnya itu seiring dengan kinerja penjualan eceran secara tahunan yang diprakirakan tetap kuat pada Juli 2023.

Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

"Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2023 sebesar 212,7, atau tumbuh positif sebesar 6,3 persen yoy. Tetap kuatnya kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau dan subkelompok sandang yang tetap tumbuh positif," kata Ibrahim dalam risetnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur BI Sebut Rupiah Menguat Menuju Rp 15.800 per Dolar AS, Ini Faktor Pendukungnya

Ibrahim mengatakan, secara bulanan, penjualan eceran menunjukkan perbaikan meski berada pada fase kontraksi sebesar 0,3 persen month to month (mtm). Perbaikan tersebut terjadi pada beberapa kelompok, terutama subkelompok sandang, kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Menurutnya, dari sisi harga responden memprakirakan tekanan inflasi akan menurun pada September 2023. Namun, diprakirakan akan meningkat pada Desember 2023 sejalan dengan ekspektasi penjualan ke depan.

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup menguat di rentang Rp 15.160- Rp 15.230," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya