Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Halal bagi RI: Bisa Tingkatkan PDB US$5,1 Miliar per Tahun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, potensi besar pasar halal terhadap ekonomi Indonesia. Sebab menurutnya, dari adanya ekonomi halal akan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) RI sebesar US$5,1 miliar per tahun. 

Di Side Event World Water Forum Bali, Menteri Trenggono Serukan Tata Kelola Perairan Berkelanjutan

Sri Mulyani mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Sehingga, ekonomi halal mempunyai potensi yang sangat besar. 

"Laporan pasar halal pada tahun 2022 menyatakan bahwa ekonomi halal dapat meningkatkan PDB Indonesia sebesar US$5,1 miliar per tahun melalui ekspor serta peluang investasi," kata Sri Mulyani dalam The 7th Annual Islamic Finance Conference, Senin, 29 Agustus 2023.

Luhut Tegaskan RI Harus Jadi Contoh Transisi Energi Berkeadilan

Ekonomi Syariah memiliki potensi yang besar

Photo :
  • vstory

Sri Mulyani mengatakan, berdasarkan data statistik yang ada 1,9 miliar muslim di seluruh dunia yang menghabiskan sekitar US$2 triliun untuk produk halal pada tahun 2021. Belanja itu tumbuh 9 persen dari 2020 hingga 2021.

Sopir Kontainer Ngaku Grogi Ditumpangi Sri Mulyani dan Airlangga Hartarto

"Pada tahun 2025, belanja umat Islam di sektor halal diperkirakan akan tumbuh sebesar 7,8 persen atau mencapai sekitar US$3 triliun. Dan ekonomi halal global sendiri diperkirakan akan meningkat. mencapai US$4,96 triliun pada tahun 2030," ujarnya. 

Sri Mulyani melanjutkan, Indonesia telah berhasil memanfaatkan daya saing pasar halal dan potensinya dengan menjadi pemain penting produk halal secara global. 

"Indonesia mempunyai peringkat yang cukup baik secara global. Peringkat kedua terutama untuk makanan dan minuman. Dan kita semua juga mendapat peringkat ketiga secara global di bidang fashion dan peringkat keenam di bidang keuangan Islam," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya