Pertumbuhan Ekonomi Daerah Ditopang Konsumsi Kaum Milenial, Bos BI Kasih Buktinya

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi daerah rata-rata mengalami peningkatan di tahun 2023 ini.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Dia menjelaskan, meskipun aspek penopang ekonomi di masing-masing daerah tersebut berbeda, namun terdapat adanya satu kesamaan di antaranya.

"Yaitu berupa konsumsi rumah tangga dari kalangan milenial yang menjadi penopang ekonomi daerah, dan yang bertumpu pada sektor jasa," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI, kawasan, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 September 2023.

Rawat Kesehatan Mental, Maybelline Beri Akses Konseling Gratis buat Gen-Z

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia menambahkan, peningkatan konsumsi rumah tangga dari kalangan milenial ini, disebabkan oleh fenomena di mana pendapatan yang mampu dihasilkan oleh kalangan milenial itu terus meningkat.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

"Secara otomatis hal itu pun mendukung kenaikan tingkat konsumsi," ujar Perry.

Selain itu, lanjut Perry, banyak dari kalangan milenial yang pola konsumsinya digunakan secara khusus untuk traveling. Sehingga, penggunaan jasa akomodasi pun tercatat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Ilustrasi generasi milenial.

Photo :
  • BRINK – News

"(Konsumsi) makanan dan minuman menjadi daya dukung ekonomi kita. Akomodasi, makanan dan minuman, traveling, wisata, dan juga berbagai konsumsi yang memang tipikal milenial, itu juga meningkat," kata Perry.

"Selain itu, ekonomi beberapa daerah juga meningkat terkait dengan sektor energi. Dua di antaranya yakni Maluku dan Sulawesi Tenggara, yang ekonominya melesat berkat nikel," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya