Jokowi usai Cek Gudang Bulog di Bogor: Jangan Khawatir, Stok Beras Kita 2 Juta Ton

Presiden Jokowi di pasar Cigombong. Kabupaten Bogor
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan di Gudang Bulog Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin, 11 September 2023. Menurut dia, semua negara sedang mengalami kekeringan akibat el-nino. Namun, Jokowi meminta masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir terhadap stok beras.

Jokowi Diminta Perhatikan Nasib Ribuan Karyawan PT PRLI yang Terancam Kena PHK

“Semua negara sedang mengalami kekeringan el-nino, termasuk Indonesia meskipun hanya beberapa provinsi, ada 7 provinsi di kita. Oleh sebab itu, saya datang ke gudang-gudang Bulog disini, nanti di Jakarta, mungkin nanti di daerah untuk memastikan bahwa stoknya itu ada,” kata Jokowi.

Pemkot Bandung dan Bulog distribusi beras untuk stabilkan harga.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)
Promosikan Wisata saat WWF ke-10, Putu DPR: Bali Punya Penghormatan yang Tinggi Terhadap Air

Kepala Negara menegaskan akan terus mengecek gudang-gudang Bulog yang ada di beberapa daerah untuk memastikan ketersediaan stok beras. Berdasarkan informasi, kata Jokowi, dalam gudang ada stok 1,6 juta ton beras dan sedang dalam perjalanan sebanyak 400 ribu ton. Sehingga, nantinya stok ketersediaan beras ada 2 juta ton.

“Biasanya stok kita itu hanya 1,2 juta, normal 1,2 juta. Ini kita memiliki 2 juta sehingga kita tidak usah khawatir,” ujarnya.

Masih Dibutuhkan Bangsa, Jokowi Disarankan Masuk Partai usai Pensiun Jadi Presiden

Stok beras di Gudang Bulog Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Oleh sebab itu, Jokowi telah memerintahkan agar jajarannya memberikan bantuan pangan beras kepada masyarakat sejak 1 September 2023, dimana setiap bulannya kira-kira 210 ribu ton yang dikeluarkan oleh Bulog untuk bantuan pangan itu.

“Dan ini sudah dimulai terus September, Oktober, November. Kalau stoknya kita lihat masih (ada), nanti diteruskan lagi sehingga masyarakat jangan sampai terdampak dari kenaikan harga beras. Memang, di lapangan ada kenaikan meskipun inflasi kita masih terjaga di 3,2 persen,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya