Perkuat Posisi UKM RI di Pasar Internasional, Digiasia Bios Gandeng LPEI

Ilustrasi Ekspor-Impor
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Digiasia Bios melakukan kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan Blitznet. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat posisi Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia di pasar Internasional.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Kemitraan tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis situs digital ekspor yang akan memberikan peluang baru bagi pelaku usaha berorientasi ekspor di Indonesia.

"Kami memberikan dukungan teknologi Fintech as A Service sebagai pengungkit utama yang terintegrasi dengan platform perdagangan B2B kelas dunia. Dengan pengalaman melayani puluhan bisnis, kami juga akan memberikan pendampingan dalam penyusunan profil profesional dari pelaku usaha berorientasi ekspor untuk ditampilkan pada aplikasi,” kata Deputy CEO Digiasia Bios, Joseph Lumban Gaol dalam keterangan Selasa, 12 September 2023.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun sasaran utama adalah meningkatkan daya saing UKM, terutama para debitur dan mitra binaan LPEI. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Indonesia untuk mendorong UMKM naik kelas dan mengembangkan kegiatan ekspor berbasis situs digital.

Manfaatkan KITE, PT Sukses Komerindo Lepas Ekspor Perdana Sarung Tangan ke Australia

“Hal ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam penyusunan infrastruktur LPEI dalam rangka pengembangan aplikasi yang terintegrasi," ungkapnya.

Joseph mengatakan, aplikasi yang dikembangkan dari kemitraan ini akan berbentuk Integrated Export Digital Platform LPEI yang didukung dengan sistem Embedded Finance as a Service (EFaaS).

Aplikasi ini akan didukung juga dengan solusi Blitzpro dan Digital Export Marketplace yang dimiliki oleh platform Blitznet.

Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso mengatakan LPEI menciptakan ekosistem yang akan mempersiapkan UKM Indonesia untuk melakukan ekspor dan membantu mereka menjalin hubungan dengan pasar Internasional.

Ilustrasi UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

"Dukungan finansial dari LPEI dan platform digital yang handal dari Digiasia Bios dan Blitznet akan memberikan peluang bagi UKM dalam meningkatkan daya saing mereka dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan untuk berkembang secara global," jelasnya.

“Kami bersemangat untuk turut berkontribusi dalam memajukan UKM Indonesia dan membantu mereka meraih sukses di pasar Internasional. Kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang besar bagi pelaku usaha berorientasi ekspor di Indonesia,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya