Pastikan Investasi Deal di IKN Nusantara NGII Bantu Investor Urus Perizinan hingga Lobi Pemerintah

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Pemerintah mengandalkan investasi dari swasta sebagai motor utama penggerak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Karena itu berbagai insentif dan kolaborasi dengan sektor swasta pun dilakukan.

Pengacara Panji Gumilang Minta Pemerintah Tinjau Ulang Penilaian Buruk ke Al-Zaytun

Hal tersebut pun tertuang, dalam Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2022 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Anggaran Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan IKN, pembiayaan infrastruktur IKN diklasifikasikan melalui APBN sebesar 20 persen, dan sumber lain yang termasuk investasi dari swasta sebesar 80 persen.

Hal itu lah yang mendasari adanya The Nusantara Global Investors Initiative (NGII), untuk menjembatani ketertarikan investor yang akan berinvestasi di IKN. NGII juga menjadi solusi terpadu yang menjangkau setiap langkah dalam pipa untuk investor yang ingin memasuki dan membangun IKN.

OIKN Fasilitasi Ritual Adat Dayak dan Paser, Minta Restu Pembangunan IKN

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

"Saat ini kami memfasilitasi berbagai perusahaan multinasional untuk melihat secara langsung berbagai potensi investasi di IKN. Mereka berasal dari Eropa, Amerika, Perancis, Inggris, Jepang, Korea, Malaysia dan Tiongkok," ujar Osagi di Jakarta dikutip dari keterangannya, Senin, 18 September 2023.

Ini Peran dan Kontribusi Bea Cukai Terhadap Penerimaan Negara dan Pengawasan Perdagangan

Data terakhir dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan, OIKN telah menerima 284 letter of intent (LoI) atau surat pernyataan minat berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pernyataan minta investasi itu berasal dari investor dalam maupun luar negeri.

Osagi juga menambahkan, Inisiatif NGII beranggotakan sejumlah kelompok ahli multidisiplin yang terdiri dari perusahaan-perusahaan terbesar dan paling terkemuka di Indonesia. Yang meliputi bidang hukum, keuangan, pemasaran, hubungan pemerintah, dan lainnya.

Dia menjabarkan, layanan-layanan NGII meliputi sejumlah aspek mulai dari integrasi rencana urban, mitigasi risiko politik, arsitektur dan rekayasa struktural, aplikasi lisensi dan izin, dan analisis kelayakan komersial. Selanjutnya, hedging mata uang dan manajemen risiko, studi tanah dan lingkungan, kepatuhan hukum Pemerintah, hingga lobi dan negosiasi dengan Pemerintah.

Lebih lanjut Osagi menambahkan, NGII berkomitmen untuk memastikan investasi dari para investor-investor di IKN dapat berjalan lancar dan sukses. NGII juga selalu siap mendukung setiap langkah para investor yang akan memasuki pasar IKN.

"Dukungan dari Pemerintah Indonesia, mulai dari Presiden Jokowi sampai jajaran Otorita IKN, sangat membantu kami dalam mempromosikan IKN kepada calon investor dari berbagai sektor. Mulai dari energi terbarukan, teknologi telekomunikasi, sampai pengelolaan sampah dan transportasi," katanya.

Sebagai informasi, NGII merupakan inisiatif yang dibentuk untuk mendukung investor yang ingin memasuki IKN dengan solusi terintegrasi dari para ahli di berbagai bidang seperti hukum, keuangan, pemasaran, hubungan pemerintah, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya