Sri Mulyani di Berbagai Forum Dunia Tegaskan Indonesia Bangsa yang Disegani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, sepekan lalu dirinya berkunjung ke beberapa negara untuk menyuarakan kepentingan Indonesia di berbagai forum dunia. Indonesia ditegaskannya merupakan negara yang patut disegani. 

Sri Mulyani Masuk Bursa Pilgub DKI Jakarta, Stafsus Buka Suara

"Memasuki penghujung akhir pekan kali ini, bagaimana kegiatan anda sepekan kemarin?Seminggu kemarin, saya berkunjung ke beberapa negara untuk menyuarakan kepentingan Indonesia di berbagai forum dunia," kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Senin, 2 Oktober 2023.

Sri Mulyani menjelaskan, rangkaian agenda tersebut dimulai di Mesir. Pada hari pertama dia mengunjungi The National Museum of Egyptian Civilization, sebuah tempat dimana sejarah bangsa Mesir selama ribuan tahun tersimpan dengan rapi.

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia.

"Keesokannya di Sharm El Sheikh, agenda utama saya di Mesir dimulai. Saya memenuhi undangan Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Jin Liqun untuk menghadiri AIIB 2023 Annual Meeting yang berlangsung selama dua hari," ujarnya. 

InJourney Targetkan 50 Ribu Orang Kunjungi Borobudur saat Perayaan Waisak 2024

Bendahara itu menuturkan, pada hari itu juga dia melakukan diskusi bersama Direktur Utama PT PLN (Persero) hingga malamnya dijamu oleh Menteri Keuangan Mesir, Mohamed Maait.

"Hari terakhir di Mesir dimulai dengan memberikan speech sekaligus menyaksikan penandatanganan Letter of Intent on ETM yang dihadiri oleh perwakilan AIIB, PT PLN, dan juga PT SMI. Setelahnya, Sesi Penutupan AIIB 2023 Annual Meeting menanti. Saya berikan selamat dan apresiasi kepada Presiden AIIB Jin Liqun dan juga Menkeu mesir Mohamed Maait atas suksesnya penyelenggaraan annual meeting kali ini," jelasnya. 

Sebelum bertolak menuju Jerman jelas Sri Mulyani, dia berkunjung ke sebuah kota yang kaya akan sejarah, yaitu Kota Saint Catherine. Kota itu merupakan tempat sejarah Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, serta beragam literatur dan artifak katolik tertua di dunia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI

Photo :
  • Tv Parlemen

"Sesampainya di Jerman, rangkaian agenda Berlin Global Dialogue menanti mulai Leaders Dialogue Session hingga Diskusi mengenai Ekonomi Rendah Karbon," terangnya. 

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta terangnya, dia juga singgah melihat proses pembangunan gedung KBRI Berlin bersama Pak Dubes RI untuk Jerman, Arief Havas Oegroseno.

"Sebuah pekan yang sangat padat namun produktif. Menyuarakan bahwa Indonesia bukanlah sekedar negara lainnya di Asia, namun sebuah bangsa yang disegani karena perekonomiannya yang begitu baik serta memiliki kepemimpinan dan semangat kerja sama yang diakui dunia..!" terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya