Dampingi Jokowi ke Arab hingga AS, Bos Hipmi Harap Perluas Akses Pasar Global Pengusaha Muda RI

Presiden Joko Widodo dan Ketua DPP Hipmi Akbar Himawan Buchari.
Sumber :
  • Dokumentasi Hipmi.

Jakarta –  Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat membuka akses seluruh atase perdagangan internasional. Agar, pengusaha muda bisa menjalin komunikasi dan bisnis dengan pengusaha di berbagai dunia, sehingga bisa menggenjot kinerja.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Akbar Himawan Buchari. Dia pun mengapresiasi kesempatan yang diberikan dengan mengikuti kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi di dua negara, yakni Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS).

"Relasi bisnis yang melibatkan para kader Hipmi ini akan semakin menguatkan hubungan dagang antara Indonesia dan negara-negara di dunia, termasuk Amerika," kata Akbar lewat keterangan yang diterima di Jakarta, dikutip Minggu, 19 November 2023.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Akbar diketahui mendampingi Presiden dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Extraordinary Islamic Summit of the Organisation of Islamic Cooperation (OIC) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu 11 November lalu. Kemudian pada Minggu, 12 November 2023 terbang ke AS, dan sebagai simbol pengusaha muda, mendampingi Presiden dalam memenuhi undangan pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di Washington DC, pada Senin 12 November.

Ketua Umum Hipmi Akbar Himawan Buchari.

Photo :
  • Dokumentasi Hipmi.
Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan, di era sekarang ini, banyak sekali peluang dan kemudahan yang dapat diperoleh oleh para pengusaha. Hal ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Kalian harus bisa meraih peluang-peluang itu," pesan Jokowi kepada para Ketum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi saat audiensi dan sharing di Waldorf Astoria, Washington DC.

Jokowi pun mengingatkan, di tengah perang dagang dan ketidakpastian global saat ini, negara-negara di dunia pasti berlomba untuk mengambil dan memanfaatkan ceruk pasar yang ada di negara lain. Presiden mengharapkan para pelaku usaha menyadari hal tersebut dan segera mengambil peluang yang muncul.

"Kita harus siap menjadi bangsa produsen, menjadi bangsa yang produktif, bangsa yang terus aktif berinovasi sehingga kita menjadi pemenang dalam perebutan pasar global," kata dia.

"Baik itu bisnis skala besar, termasuk juga skala kecil. Era sekarang ini banyak peluang yang dapat diambil, jangan sampai peluang-peluang itu hilang," tambahnya.

Presiden Jokowi berikan sambutan di acara Pelantikan Badan Pengurus Pusat HIPMI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Merespons hal tersebut, Akbar berjanji akan memaksimalkan perannya untuk kemajuan bangsa dan negara. Akbar juga mengapresiasi keberhasilan Jokowi membawa kesepakatan bisnis yang nilainya mencapai 25,85 miliar dolar AS atau Rp400 triliun saat berkunjung ke Negeri Paman Sam itu karena bagaimanapun juga, pengusaha dan rakyat Indonesia yang merasakan hasilnya.

"Contohnya, dengan rencana peningkatan status hubungan bilateral dari strategic partnership menjadi comprehensive strategic partnership (CSP). Itu akan membuat kerja sama kedua negara semakin kuat, dan nantinya pertumbuhan ekonomi kita akan meningkat," kata Akbar.

Kemudian, rencana pembentukan critical mineral agreement (CMA). Jika perjanjian itu sudah terbentuk, Indonesia akan menjadi pemasok kebutuhan baterai di AS sehingga tidak menutup kemungkinan, Indonesia akan menjadi produsen baterai terbesar di dunia.

Baik Jokowi dan Biden juga memandang pentingnya Just Energy Transition Partnership (JETP). Akbar menuturkan Indonesia juga terpilih sebagai salah satu mitra International Technology Security and Innovation (ITSI) Fund milik AS. Dengan demikian, penguatan rantai pasok semikonduktor terbuka lebar.

Kemudian yang menarik, Jokowi juga mengingatkan Biden akan pentingnya perpanjangan Generalized System of Preferences (GSP) demi meningkatkan perdagangan Indonesia. GSP merupakan pembebasan tarif bea masuk yang diberlakukan AS untuk barang dari negara-negara berkembang.

AS juga komitmen memberikan dukungan terhadap Indonesia untuk menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). "Bayangkan jika semuanya terealisasi. Perekonomian kita akan semakin kuat lagi. Kerja sama pengusaha akan banyak terjalin, lapangan pekerjaan akan semakin bertambah, dan akhirnya akan mensejahterakan rakyat," ujar Akbar. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya