Pelni Sediakan Ribuan Tiket Mudik Gratis di Nataru, Ini Syarat dan Rute-rutenya

Pelni.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Jakarta – PT Pelni (Persero) menyediakan 500 tiket gratis untuk setiap 13 rute pelayaran, bagi masyarakat tidak mampu yang hendak mudik saat momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023-2024). dJika ditotal secara keseluruhan tiket gratis yang disediakan sekitar 6.500 tiket.

20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Direktur Utama Pelni, Tri Andayani mengatakan, nantinya ribuan tiket gratis itu akan dibiayai oleh Kementerian Perhubungan.

"Jadi akan ada mudik gratis yang dibiayai. Saat ini kita sedang kerja sama dengan Menhub," kata Tri dalam konferensi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Desember 2023.

Acer Swift Go 14 AI, Mudik Praktis dengan Si Tipis

Meski demikian, Tri mengakui bahwa keputusan tersebut memang belum diumumkan oleh pihak Kemenhub, karena baru diputuskan pada Kamis sore, 7 Desember 2023 kemarin.

Kapal Pelni, KM Kelimutu

Photo :
  • VIVA/Yudha Prasetya
15 Tim Ini Kantongi Tiket ke Olimpiade 2024, Tinggal Tunggu Hasil Timnas Indonesia Vs Guinea

Dia menjelaskan, berbagai tiket gratis itu nantinya bisa diperoleh masyarakat, dengan mendatangi loket Pelni yang tersedia di masing-masing pelabuhan. Syarat khusus yang harus dibawa hanya lah surat keterangan tidak mampu.

"Harus menunjukkan surat tidak mampu dari instansi setempat. Jangan sampai yang naik orang yang mampu, makanya harus ada surat itu," ujar Tri.

Namun, Tri mengatakan bahwa pihaknya masih akan membahas lebih lanjut mengenai kebijakan pemberian tiket gratis tersebut. Saat ditanya mengenai apa saja kisi-kisinya, Dia hanya memastikan bahwa pemberian tiket mudik gratis itu akan menyesuaikan dengan jadwal rute kapal-kapal Pelni.

"Tanggalnya akan menyesuaikan rute kapal. Ada yang mulai (berangkat) 18 Desember, jadi beda beda, karena menyesuaikan rutenya," ujarnya.

Kapal Milik Pelni yang Digunakan Untuk Pasien Isolasi COVID-19 di Medan

Photo :
  • VIVA/ Putra Nasution

Berikut adalah rute-rute yang masing-masingnya akan mendapatkan jatah tiket gratis sebanyak 500 tiket:

1. Batam - Belawan

2. Belawan -Batam

3. Baubau - Makassar 

4. Makasar- Baubau

5. Makasar - Surabaya

6. Batam - Tanjung Priok

7. Surabaya - Makassar 

8. Jayapura - Biak

9. Balikpapan - Pare Pare

10. Sorong - Ambon

11. Manokwari-Sorong

12. Pare Pare - Tarakan

13. Pare Pare - Balikpapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya