Dua Kereta Api Putar Balik Gegara KA Pandalungan Anjlok, KAI Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

KA Pandalungan anjlok.
Sumber :
  • Antara.

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan, akibat anjloknya Kereta Api (KA) Pandalungan di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, telah menyebabkan dua perjalanan KA memutar. 

Evakuasi Kapal MV Layar Anggun 8, Kemenhub Diapresiasi

Vice President Public Relations KAI,  Joni Martinus mengatakan, untuk dua kereta api yang memutar itu di antaranya KA Ranggajati dan KA Logawa. 

"Untuk sampai jam 12.00 WIB, baru dua perjalanan KA yang memutar KA Ranggajati, KA Logawa," ujar Joni kepada wartawan Minggu, 14 Januari 2024. 

Via Vallen Berduka, Ayahanda Meninggal Dunia di Sidoarjo

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf, atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api berupa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu, 14 Januari 2024 pukul 07.57 WIB.

KA Pandalungan anjlok.

Photo :
  • Antara.
Raniah Terpaksa Melahirkan di Tepi Jalan Gara-gara Infrastruktur di Ketapang Rusak

"Jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangannya Minggu, 14 Januari 2024. 

Luqman menuturkan, terkait anjlok KA Pandalungan ini. Pihaknya akan melakukan evakuasi rangkaian kereta dan melakukan perbaikan rel. 

"Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi  rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan," jelasnya.

Ilustrasi kereta anjlok

Photo :
  • ANTARA/Jafkhairi

"Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya," ujar Luqman.

Joni Martinus juga memastikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. 

“Sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas bangil memutar lewat Malang dan Kertosono," kata Joni.

"KAI juga menyediakan bus dari stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan" sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya