Pos Indonesia Salurkan Dana Pensiunan PT Asabri, Begini Skemanya

Pos Indonesia salurkan dana pensiun
Sumber :
  • Pos Indonesia

Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND menyalurkan, dana pensiun dari PT Asabri (Persero). Dana pensiun ini disalurkan di beberapa wilayah di antaranya Tanjungpandang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. 

Pemerintah Sudah Bayarkan Gaji ke-13 ASN hingga Pensiunan Rp 36,56 Triliun

PosIND menunjuk KCU Kantorpos Tanjungpandan sebagai penyelenggara atau penanggung jawab penyaluran dana pensiun tersebut. Mereka pun ditargetkan untuk mengalokasikan dana pensiun kepada 100 penerima pensiunan.

"Untuk alokasi dana pensiun ASABRI, kami menyalurkan kurang lebih ke 100 penerima dana pensiun," ujar Executive General Manager (EGM) Kantorpos KCU Tanjungpandan, Ega dalam keterangannya Kamis, 23 Mei 2024. 

OJK Minta BP Tapera Lakukan Ini soal Temuan BPK Terkait Dana Peserta Belum Kembali

Ega menjelaskan, pihak Kantorpos menerapkan dua metode penyaluran dana pensiun ASABRI ini. Pertama, penyaluran dilakukan di Kantorpos. Kemudian, dana juga dapat disalurkan dengan metode layanan pensiun antar di rumah atau pengantaran langsung ke rumah penerima.

Penyaluran bansos PT Pos Indonesia (Persero)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia
1.000 Pegawai Pos Pensiun Cuma Diganti 150 Orang, Sisanya Mulai Pakai Robot

Menurut Ega, metode Layanan Pensiun antar di rumah ini diterapkan agar mempermudah pensiunan dalam menerima dana pensiun. Khususnya, bagi mereka yang berhalangan hadir karena keterbatasan fisik atau pun sakit.

"Kami berikan pelayanan Pensiun antar di rumah itu kepada golongan tersebut agar memudahkan mereka dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat berkaitan dengan pembayaran dana pensiun," jelasnya.

Ega juga memastikan dana pensiun ini dapat diterima dengan syarat yang mudah. Para penerima cukup menunjukkan identitas dan nomor pensiun untuk bisa mengambil dana tersebut.

"Persyaratannya hanya menunjukkan identitas diri, kemudian nomor pensiun. Kalau dulu biasa disebut dengan Karip (Kartu Pensiun) yang berkaitan dengan syarat pembayaran dana pensiun," tuturnya.

Sementara itu, Juru Bayar KC Kantorpos Tanjungpandan, Fika mengungkapkan metode layanan pensiun antar di rumah yang diterapkan pihaknya dalam penyaluran dana pensiun ini. Ia menjelaskan ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum melakukan pengantaran dana ke rumah penerima, salah satunya adalah survei.

"Sebagai juru antar, saya melakukan beberapa persiapan. Pertama, kami melakukan survei ke lapangan. Jadi, sebelum mengantarkan, kami survei ke lapangan untuk mengecek kondisi para pensiunan, baik Taspen maupun ASABRI mengenai kondisi mampu atau tidaknya untuk datang ke Kantorpos. Kalau tidak mampu datang, kami data untuk diantarkan bulan berikutnya," jelasnya.

Gedung ASABRI

Photo :
  • vivanews/Andry

Dalam proses pembayarannya, Fika menjelaskan para petugas juru bayar akan menggunakan aplikasi ASABRI mobile. Tujuannya, untuk memverifikasi data dan memasukkan nomor pensiun milik penerima.

"Untuk langkah pertama dalam melakukan pembayaran dana pensiunan ini adalah melakukan absen verifikasi data wajah dengan cara yang mudah, melalui ASABRI mobile yang bisa di-download di Playstore. Setelah download aplikasi tersebut, kami masukkan nomor pensiun. Jadi, nomor pensiun itu beda-beda setiap para pensiunnya.Kami masukkan, langsung kami arahkan ke para pensiunnya untuk mencocokkan data," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Fika mengaku tidak terlalu mengalami kendala selama melakukan penyaluran dana pensiun. Bahkan, ia bisa melakukan penyaluran kepada sekitar 15 penerima dalam sehari.

"Kalau untuk setiap harinya bisa sampai 10 hingga 15 orang. Karena untuk daerah Tanjungpandan jaraknya bisa ditempuh dengan kendaraan. Jadi agak cepat penyalurannya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya