Chatib: RI Tak Bisa Cuma Jual Sumber Alam

Chatib Basri, Kepala BKPM
Sumber :
  • reformed-crs.org

VIVAnews - Sesuai amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri, dalam jangka pendek akan fokus pada penyelesaian masalah hambatan investasi.

Di BKPM, Chatib mengatakan, strategi jangka panjang telah tersusun rapi dan tinggal pengimplementasian. "Nah, yang jangka pendek itu berjaga-jaga terhadap perubahan ekonomi global yang kurang kondusif," ujar Chatib di kantor barunya di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 14 Juni 2012.

Chatib menuturkan, perbaikan iklim investasi yang telah dilakukan Kepala BKPM sebelumnya, Gita Wirjawan, telah mempermudah langkah menjaring investasi.

Meski banyak investasi, hal tersebut tidak cukup jika Indonesia terus-menerus hanya menjual sumber daya alam. Karena, kekayaan ini akan tergerus.

Terpenting, yang harus dilakukan saat ini adalah menyederhanakan kebijakan berinvestasi. Kebijakan yang berbelit-belit hanya membuat investor tidak nyaman. "Nah, itu yang akan kami dalami," katanya.

Dalam situasi saat ini, dia optimistis, investasi asing masih akan deras masuk ke Indonesia dan tidak hanya di sektor eksploitasi sumber daya alam. Kawasan Asia, menurut Chatib, saat ini memiliki daya tarik dibandingkan kawasan lain. (art)

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025
Mahalini

Intip Kecantikan Mahalini yang Dibalut Berlian Saat Akad Nikah

Pada saat akad nikah, Mahalini mengenakan kalung berlian spektakuler dengan deretan oval diamond dan tambahan detail berlian baguette.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024