Tahun Depan Pertamina Impor LPG dari Iran

Filling Plant LPG Pertamina Balongan
Sumber :
  • Pertamina

VIVA.co.id – PT Pertamina (Persero) akan mengimpor liquified petroleum gas atau LPG dan minyak mentah dari negara Iran mulai tahun depan. Impor itu dilakukan perseroan demi memenuhi pasokan LPG dan minyak mentah di dalam negeri.

JK di Sidang Karen Agustiawan: Pemerintah Tak Urusi Teknis, Hanya Kebijakan

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa kontrak untuk tahun depan telah ditandatangani dengan pihak Iran untuk impor sebanyak 500 ribu metrik ton. Sementara untuk minyak mentah, masih dalam fase penjajakan.

"Kami sudah kontrak suplai LPG untuk 2017 dengan Iran 500 ribu metric ton kemudian kami juga melakukan negosiasi untuk crude (minyak mentah). Nanti diformalkan dalam bentuk kontrak," kata Dwi di Jakarta pada Senin, 19 Desember 2016.

JK Bingung Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Bisa Jadi Terdakwa Korupsi

Dwi menyebut, minyak mentah yang diimpor itu akan diolah di kilang Cilacap. Untuk fase uji coba, akan dilakukan impor dengan volume sekitar 1 juta barel pada triwulan pertama tahun 2017.

"Kami akan coba dahulu satu kapal untuk uji coba di kilang Cilacap. Volume satu kargo, satu juta barel. Untuk uji coba saja, kalau lihat hasilnya lihat yield-nya, akan nego untuk jangka panjang," kata dia.

Bela Eks Dirut Pertamina, JK Ungkap Lebih Baik Kelebihan Energi Demi Jaga Investor

Sementara itu, terkait dengan LPG, realisasinya akan dilakukan impor pada awal Januari 2017. "Tahun 2016, sebenarnya sudah mulai di beberapa spot. Nanti 2017 ada 12 kargo dari Iran," ujarnya. (ase)

Jusuf Kalla Jadi Saksi Karen Agustiawan di Pengadilan Tipikor

JK Sebut Kasus Korupsi LNG Eks Dirut Pertamina Karen Murni Bisnis, Ada Untung-Rugi

Eks Wapres JK mengklaim bahwa kasus korupsi pengadaan LNG di PT Pertaminayang menyeret mantan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024