Mengapa Allah Merahasiakan Kematian? Begini Penjelasannya

ilustrasi kematian
ilustrasi kematian
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Intinya, kematian pasti akan dialami oleh setiap makhluk yang bernyawa, tidak terkecuali manusia. Hanya saja tidak satupun diantara kita yang bisa mengetahui kapan ajal menjemput. Semua itu hanya Allah subhanahu wa ta'ala yang maha mengetahui. Lantas Mengapa Allah Subhanahu Wa Ta'ala merahasiakan kematian?

Apakah ada tujuan tertentu Allah merahasiakan kematian? Bagaimana jika kematian tidak dirahasiakan sang Ilahi? Setidaknya ada empat hal, Mengapa Allah Subhanahu Wa Ta'ala merahasiakan kematian manusia?

1. Agar manusia tidak cinta pada dunia

Manusia perlu menyadari bahwa dunia ini adalah tempat persinggahan. Cinta dunia akan menyebabkan seseorang melupakan akhirat, yang mana itu merupakan kehidupan yang abadi. Terlalu Cinta dunia bisa menyebabkan seseorang malas berbuat kebajikan, sebab sifat ini akan mendorong orang untuk menjadikan dunia sebagai orientasi hidup.

Bahkan yang paling parahnya lagi, sampai lupa kalau akan mengalami kematian dan akan menjalani kehidupan kekal di akhirat kelak. Di dalam sebuah hadits dijelaskan, kerugian bagi orang yang terlalu cinta dunia Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda.

Barangsiapa menjadikan akhirat sebagai tujuannya, Allah memberikan kekayaan dalam hatinya, mengumpulkan semua usahanya, dan dia akan dihampiri dunia walaupun dia enggan. Dan barangsiapa menjadikan dunia sebagai tujuannya, Allah menjadikan kefakiran didepan matanya, dan mencerai-beraikan usahanya dan tidak dibagikan dunia kepadanya, kecuali yang sudah ditakdirkannya HR. At Tirdmidzi.

SUMBER ASLI