Jokowi Targetkan Bangun 8 Lapangan Pusat Latihan di IKN Rampung dalam Setahun

Presiden Joko Widodo, Erick Thohir dan menteri lainnya
Sumber :
  • KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA

VIVA Bola – Presiden Joko Widodo menyampaikan akan membangun sebuah pusat latihan atau training center di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung persepakbolaan Indonesia. 

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Jokowi mengungkapkan nantinya akan dibangun sebanyak delapan lapangan sepak bola di sana. Targetnya, lapangan akan rampung dalam jangka kurang dari setahun.

“Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” ucap Presiden dalam keterangannya saat meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Jumat 24 Februari 2023.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Akan dibiayai FIFA

President Jokowi inspects Area 1B, IKN, Penajam Paser Utara Regency.

Photo :
  • Setkab.go.id
Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan bahwa pembangunan lapangan sepakbola tersebut akan dibiayai oleh Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). Ia menilai hal tersebut merupakan bukti kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN.

Dalam kunjungan ke IKN tersebut, turut hadir Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga Menteri BUMN dan dua Exco PSSI, yakni Juni Rachman dan Muhammad.

“Terima kasih Pak Presiden, kami bersama dengan Exco PSSI, sebuah kehormatan luar biasa, Bapak sudah memutuskan pembangunan training centre di tengah kota. Kami pastikan akan selesai segera karena dana dari FIFA sudah disiapkan. Kalau berkenan nanti Shin Tae-yong akan kami bawa juga ke sini untuk melihat,” ujar Erick.

22 stadiun sepakbola di audit

Presiden Jokowi meninjau Kawasan 1B, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim

Photo :
  • Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Sementara itu, sebanyak 22 stadion sepakbola di Indonesia telah diaudit dan dievaluasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Dan sesuai dengan perintah saya kepada Menteri PU untuk mengaudit stadion sepak bola kita, ada 22 stadion,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menerangkan bahwa 22 stadion tersebut merupakan stadion yang memiliki risiko tinggi untuk penyelenggaraan Liga Satu, Liga Dua, dan Piala Dunia U-20 pada tahun 2023.

“22 stadion dengan kapasitas kurang lebih 20 ribu penonton dengan risiko tinggi selama Liga Satu dan Liga Dua dan juga untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023,” jelasnya.

Dari hasil audit dan evaluasi tersebut, Kepala Negara menjelaskan terdapat 5 stadion yang dinilai rusak berat sehingga 4 di antaranya perlu direhabilitasi dan 1 stadion perlu dibongkar.

“Kemudian 13 stadion rusak sedang perlu direnovasi, dan 4 stadion rusak ringan perlu direnovasi ringan,” ujar Jokowi.

Adapun untuk Stadion Kanjuruhan, Jokowi mengatakan bahwa saat ini masih sedang dalam tahap perencanaan ulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya