Asal Usul Julukan Maradona Indonesia

Almarhum Zulkarnaen Lubis semasa hidupnya (pojok kanan bawah)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sepakbola Indonesia tengah berduka. Salah satu pemain terbaik Tanah Air, Zulkarnaen Lubis tutup usia. Zulkarnaen Lubis meninggal dunia pada pukul 07.45 WIB, Jumat 11 Mei 2018. 

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Dari informasi yang berkembang lewat Facebook dan pesan Whatsapp yang beredar, Zulkarnaen wafat akibat serangan jantung. Zulkarnaen adalah gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. 

Herry Kiswanto, mantan rekan Zulkarnaen di klub Kramayudha Tiga Berlian, mengenang ketika keduanya masih bermain bersama. Herkis sapaan akrab Herry Kiswanto mengatakan, Zulkarnaen adalah pemain yang disegani ketika itu. 

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

"Ia adalah pemain yang cukup unik dan memiliki karakter," kata Herkis saat dihubungi VIVA, Jumat 11 Mei 2018. 

Herkis pun bercerita asal usul julukan Mardona dari Indonesia. Julukan tersebut didapat saat bermain pada sebuah kompetisi di Arab. 

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

"Itu memberi julukan adalah media Arab. Saat itu kami sedang bermain di kejuaraan klub se-Asia (kalau sekarang mungkin Liga Champions Asia)," tambah Herkis. 

"Sampai ke Indonesia kemudian melekat julukan tersebut. Zulkarnaen mendapatkan julukan tersebut mungkin karena skill-nya yang bagus. Ia menjadi pembeda saat pertandingan," jelas Herkis. 

Herkis menyebutkan, setelah pensiun ia dan Zulkarnaen masih sering berkomunikasi. Terutama membahas soal sepakbola Indonesia.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya