Simulasi Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF, Persaingan Ketat

Piala AFF 2018 Indonesia vs Timor Leste
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Persaingan di Grup B Piala AFF 2018 kian sengit. Kemenangan Timnas Indonesia dan Filipina di matchday 2, Selasa 13 November 2018, membuat empat tim memiliki poin yang sama, 3.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Thailand masih di puncak klasemen Grup B. Mereka berhak atas posisi teratas karena memiliki selisih gol yang lebih baik. Indonesia ada di peringkat 2, diikuti Filipina dan Singapura, dengan koleksi tiga angka.

Dengan peta persaingan seperti ini, Indonesia harus bekerja lebih keras untuk bisa lolos ke semifinal. Kalau ingin aman, Indonesia setidaknya harus menyabet kemenangan di dua laga tersisa.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Andai pertandingan melawan Thailand dan Filipina berhasil dimenangkan, bukan tak mungkin posisi Indonesia akan lebih diuntungkan. Sebab, Thailand dan Filipina masih harus saling bunuh pada 21 November 2018 mendatang. Pun, Thailand masih harus berhadapan dengan Singapura.

Hasil dari dua laga itu, bisa saja jadi penentu langkah Indonesia ke semifinal. Berikut ini adalah hitung-hitungan peluang Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

PSSI Minta Maaf Usai Komentar Rasis Serbu Instagram Federasi Sepakbola Guinea

Kondisi 1:

Indonesia menang atas Thailand dan Filipina. Lewat kondisi ini, perolehan poin Indonesia akan menjadi sembilan. Usai kalah dari Indonesia, Thailand menang atas Filipina dan Singapura. Indonesia dan Thailand akan lolos ke semifinal.

Kondisi 2:

Indonesia kalah dari Thailand. Di laga lawan Filipina, Indonesia mampu menang. Dengan kondisi ini, poin Indonesia enam.

Artinya, Indonesia harus bergantung pada hasil pertandingan Singapura dan Filipina. Andai Filipina kalah dari Thailand dan imbang melawan Timor Leste, ada peluang bagi Indonesia untuk lolos.

Pun dengan hasil pertandingan Singapura. Jika Singapura hanya imbang melawan Timor Leste dan kalah dari Thailand, maka Indonesia akan berpeluang lolos.

Artinya, pesaing Indonesia dalam kondisi ini adalah Singapura dan Filipina. Jika keduanya tak bisa menang atas Timor Leste dan Thailand, Indonesia dipastikan lolos ke semifinal lewat kondisi ini.

Kondisi 3:

Indonesia imbang lawan Thailand dan menang atas Filipina. Poin Indonesia dalam kondisi ini akan menjadi tujuh.

Dengan situasi ini, pertandingan yang dilakoni Singapura dan Filipina juga akan jadi penentu langkah Indonesia. Andai keduanya mengalami satu kekalahan dari dua laga sisa, maka Indonesia bisa saja lolos.

Sebab, poin maksimal Singapura dan Filipina dalam kondisi tersebut hanya enam. Jadi, dalam kondisi ini, Indonesia mengandalkan Thailand dan Timor Leste untuk mengalahkan keduanya.

Kondisi 4:

Tersingkir jika Indonesia tak mampu menang atas Thailand dan Filipina. Imbang di dua laga ini, akan membuat peluang Indonesia makin berat.

Apalagi, kalau Indonesia kalah di dua laga tersebut. Sebab, Filipina dan Singapura bisa saja meraih kemenangan lain karena masih jumpa Timor Leste yang kekuatannya jauh di bawah mereka.

Kesimpulan: Indonesia harus menyabet minimal empat poin demi membuka peluang lolos ke babak semifinal. Nasib Timna juga masih bergantung pada hasil pertandingan yang dilakoni Singapura serta Filipina. 

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya