2 Agenda Besar Ini Jadi Bidikan Utama PSSI di 2019

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dan Indra Sjafri
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Menatap persaingan di 2019, PSSI mulai memetakan dan mengumumkan deretan agenda yang akan dilakoni tim nasional sepakbola Indonesia di sepanjang tahun ini.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria pada konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat 4 Januari 2019.

Dalam pemaparannya itu, PSSI menetapkan salah satu fokus program agenda untuk timnas kelompok umur U-22 tahun ini adalah ajang Piala AFF U-22 dan SEA Games 2019.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Nakhoda skuat Garuda Muda juga telah dipercayakan kepada eks juru taktik timnas U-19, Indra Sjafri. Pelatih asal Sumatera Barat tersebut ini pun langsung dibebankan sejumlah target besar.

"Agenda Timnas U-22 diawali mulai tanggal 7 Januari hingga Piala AFF 2 Februari mendatang, PSSI bersama tim kepelatihan dan teknis serta Komite Eksekutif telah menyiapkan mens for the best team. Target terdekat ada di Piala AFF U-22 agar bisa lolos sebagai kualifikasi Piala Asia U-23 dan akhir tahun nanti ada SEA Games 2019," ungkap Ratu Tisha kepada para wartawan.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

"SEA Games 2019 merupakan momentum penting di Kongres 2018 dimana PSSI juga menargetkan masuk Olimpiade 2024, namun Olimpiade 2020 yang sudah di depan mata jadi target PSSI memonitor generasi dari Kualifikasi Piala Asia U-23," jelas Ratu Tisha.

Pada kesempatan tersebut, coach Indra Sjafri juga coba mengutarakan sejumlah persiapan yang diusung skuat besutannya menuju pentas Piala AFF U-22 di Kamboja, 17 Februari - 2 Maret 2019.

"Pertama-tama, terima kasih kepada federasi yang telah percayakan pada kami untuk bangun Timnas U-22, yang mana ada tiga agenda penting di 2019. Posisi ini atas izin Allah SWT yang saya capai," ujar coach Indra.

"Tim yang kita bentuk ini adalah tim terbaik, terbaik tim kepelatihan dan sesuai regulasi yang ditentukan sertifikasi kepelatihan. Ada tim yang dampingi saya setiap tahun, saya cari tim sesuai regulasi saja," kata coach Indra Sjafri.

Dilanjutkan coach Indra, para pemain yang nantinya dipanggil masuk timnya akan berasal dari berbagai sumber dan tak menutup kemungkinan berasal dari U-16 dan U-19, di mana mereka akan dimatangkan untuk selanjutnya diproyeksi ke tim senior.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya