Indra Sjafri Bingung, Pramusim di Indonesia Terbalik

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

VIVA – Sudah sewajarnya para pemain sepakbola profesional melewati masa liburan setelah musim kompetisi berakhir. Setelah itu, para pemain akan kembali membela klubnya di ajang pramusim. Tapi khusus musim ini, para pemain Timnas Indonesia U-22 justru melewati masa pramusim tidak bersama klubnya masing-masing.

Indra Sjafri Ungkap Kabar Baik Usai Timnas Indonesia U-20 Hadapi China

Kompetisi Liga 1 2018 sebelumnya sudah berakhir Desember lalu. Setelah itu, para pemain libur. Kemudian, para pemain ini kembali ke klubnya masing-masing untuk menjalani sesi latihan. Sayangnya, para pemain ini tidak langsung bermain. 

Sebab, kompetisi Liga 1 2019 baru akan digelar sekitar Mei nanti. Alasan penundaan jadwal Liga 1 musim ini, lantaran akan diadakannya Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif pada April 2019.

Usai 2 Kali Imbangi China, Indra Sjafri Ungkap Program Selanjutnya Timnas Indonesia U-20

Hal inilah yang cukup membuat Indra Sjafri repot mempersiapkan para pemainnya. Pelatih Timnas U-22 ini bahkan harus membuat program khusus untuk mengembalikan fisik para pemainnya. Mantan pelatih Timnas U-19 ini merasa terkena dampak mundurnya jadwal Liga 1.

Padahal sebenarnya Indra berharap, jika masa pramusim dijalani para pemain bersama klub, ia tak perlu repot untuk membuat program pengembalian kebugaran fisik. Alias, terima jadi.

Hasil Pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia U-20 Vs China, Gol Indah di Menit Akhir

"Ini yang terjadi. Apa yang terjadi sama kami ini terbalik. Harusnya pre season itu di klub, dan saya terima jadi. Tapi ini pre season-nya di Tim Nasional. Kenapa, karena kompetisi kita kan libur. Jadi mereka harus saya siapkan kondisi fisiknya. Dalam dua minggu pertama itu mencari pemain-pemain yang cocok dengan gameplan saya. Baru minggu ketiga baru kami fokus kondisi fisik, minggu keempat fokus taktik, dan minggu kelima sudah harus bermain di uji coba," ujar Indra kepada wartawan, Rabu 6 Februari 2019.

"Seandainya pemain-pemain ini sudah bermain di kompetisi, atau kompetisi sedang berlangsung, saya tidak perlu cemas soal kondisi fisik. Nanti saya akan komunikasikan dengan pelatih-pelatih klub agar mereka diberikan jam bermain di klubnya," kata Indra.

Indra sudah melakoni laga perdananya sebagai pelatih Timnas U-22 melawan Bhayangkara FC. Dalam laga itu, Tim Garuda Muda bermain imbang 2-2 dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 6 Februari 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya