Pemain Timnas Cepat Loyo, PSSI Bikin Fatwa Dilarang Makan Gorengan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia menjadi sorotan manajer pelatih, Shin Tae-yong. Skuad Garuda bahkan membuat juru taktik asal Korea Selatan itu terkejut karena menurut penilaiannya, pemain Timnas hanya mampu bermain selama 20 menit.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Untuk memperbaiki kelemahan itu, Shin Tae-yong sudah menggembleng para pemain di pemusatan latihan. Para pemain Timnas U-19 menjalani TC di Chiang Mai (Thailand), sementara Timnas senior di Jakarta pada 14-23 Februari 2020.

Dalam TC itu, Shin Tae-yong menekankan menu latihan utama, latihan fisik, termasuk lari 5 kilometer setiap pagi. Selain itu, Tae-yong dan jajaran pelatih lainnya juga memeriksa berat badan dan kandungan lemak para pemain setiap hari.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

PSSI juga mendukung program latihan yang diberikan Tae-yong. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat bakal membuat fatwa atau regulasi yang melarang pemain Timnas Indonesia untuk makan makanan yang mengandung lemak berlebihan, termasuk gorengan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan, dalam fatwa tersebut nantinya tidak hanya mengatur pola makan pemain. Melainkan mengatur agar pemain Timnas lebih bijak menggunakan media sosial. 

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Tak tanggung-tanggung, apabila pemain melanggarnya, bisa mendapatkan hukuman, Terberat, pemain tersebut bisa saja tak dipanggil lagi ke Timnas Indonesia. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Kami hargai Shin Tae-yong. Dia pelatih profesional. Pelatih sebelum-sebelumnya juga profesional. Tae-yong dan staf pelatih lainya punya sistem khusus dalam melatih. Saya mendukung maksimal apa yang dilakukan Tae-yong untuk kemajuan Timnas," kata Iwan Bule, Selasa 10 Maret 2020.

"Nanti kami akan mengarah ke sana (membuat fatwa). Kami akan membuat regulasi, mungkin minggu depan sudah jadi. Di antaranya itu disiplin waktu, kecepatan, makanan pemain, terkait media sosial dan sebagainya," sambung Iwan Bule.

Sebelumnya, kondisi pemain Timnas Indonesia yang cepat loyo sempat terbukti saat menjalani laga uji coba kontra Persita Tangerang beberapa waktu lalu. Dalam laga itu, Timnas Indonesia dihajar Persita 1-4. Salah satu masalah terbesar kekalahan memalukan itu diakui Tae-yong karena pemainnya kelelahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya