KPSI Tak Khawatir Dengan Manuver PSSI

Kongres PSSI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), Tony Apriliani meminta agar klub-klub yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) tidak khawatir kehilangan haknya pada Kongres Biasa yang digelar 18 Maret 2012. Menurut Tony, aturan mainnya sudah jelas diatur dalam statuta PSSI.

PSSI telah merespon instruksi FIFA dengan menetapkan jadwal Kongres Biasa, 18 Maret 2012. Acara ini akan digelar di Sentul, Jawa Barat. Sebelumnya, FIFA melalui suratnya pada 13 Januari 2012 telah mengingatkan PSSI agar menggelar agenda ini sebelum 20 Maret 2012.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Deputi Sekjen PSSI, Saleh Ismail Mukadar menegaskan bahwa tim-tim yang telah dijatuhi sanksi akibat berlaga di ISL tidak akan diundang dalam acara ini. Menurutnya, tim-tim itu secara otomatis telah kehilangan hak suara. Sebaliknya, tim-tim yang saat ini berlaga di Indonesian Premier League (IPL) dipastikan akan diundang.

"Karena mereka terdegradasi ke divisi di bawahnya, maka mereka baru bisa bermain lagi di kompetisi Divisi Utama musim depan. Itu pun bukan berarti mereka bisa memiliki hak suara, karena hak suara itu berdasarkan statuta ditentukan berdasarkan klasemen akhir kompetisi. Jadi sederhana saja."

Tony mengaku tidak mengkhawatirkannya. Menurut Tony, bila hal ini sampai terjadi, persoalan akan diserahkan kepada AFC dan FIFA. "Perebutan suara pasti akan terjadi tapi kami kembalikan lagi kepada wasitnya AFC dan FIFA. Artinya yang punya hak suara atau voters harus kembali ke 108," kata Tony.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Tony juga mengatakan bawah IPL yang diklaim sebagai liga resmi oleh PSSI telah menyalahi aturan. Bahkan lebih tegas, Tony menuding langkah tersebut sebagai sebuah aksi penipuan.  "Itu yang mereka bohongin ke FIFA dan AFC dengan menggunakan nama yang sama," ujar Tony. (eh)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016