Agum Ungkap Empat Kriteria Penting Calon Ketum PSSI

Anggota Wantimpres, Agum Gumelar.
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAnews

VIVA.co.id - Pemilihan ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) 2015-2019, tinggal hitungan hari. Ada sembilan calon yang akan berebut kursi "PSSI 1".

Mantan Ketum PSSI, Agum Gumelar, menilai ada empat kriteria yang para calon untuk memajukan sepakbola nasional. Yang pertama, adalah calon yang punya pengabdian dan pengorbanan.

"Bekerja di PSSI itu butuh pengabdian dan pengorbanan. Jadi, seseorang yang punya dedikasi," kata Agum dalam diskusi bertemakan 'Menakar Calon Ketua Umum PSSI yang Kapabel' di Gedung Serbaguna GBK, Senayan, Jakarta, Selasa 14 April 2015.

Selain itu, dibutuhkan seseorang yang bisa menghadapi tantangan terkini. Agum mengatakan, Ketum PSSI harus berwawasan seorang manajer.

"Karena olahraga, khususnya sepakbola, saat ini sudah menjadi industri," tutur pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Normalisasi PSSI tersebut.

Ketiga, seorang ketum harus bisa menjadi mitra yang baik pemerintah. "Mitra ini, artinya bukan atasan dan bawahan. Dalam kemitraan ini, tidak boleh ancam mengancam," jelas Agum.

Terakhir, pemimpin PSSI ke depan harus merupakan figur yang bisa mempersatukan seluruh elemen. "Jadi, tidak ada lagi orangnya si ini, orangnya si itu. Semuanya harus bersatu," ujar mantan KONI Pusat ini.

"Kriteria inilah yang harus kita cari. Semoga tidak ada lagi gonjang-ganjing yang tidak benar ke depannya," ia menambahkan.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Sebanyak sembilan kandidat akan bertarung memperebutkan kursi PSSI 1 dalam waktu dekat ini. Pemilihan akan digelar pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Surabaya, 18 April 2015.

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan siapa saja kandidat yang layak bertarung pada pemilihan nanti. Susunan lengkapnya silahkan klik tautan ini.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

(asp)

![vivamore="
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Baca Juga :"]

Suporter Arema 'Sweeping' Menpora di Kampus Unisma

Incar Pelatih Top Eropa, Pellegrini Sudah Habis di City?

Ruang Ganti Berdarah Usai Cedera Horor Bek Villarreal

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya