KONI dan KOI Siap Jadi Mediator Kisruh Menpora-PSSI

Tono Suratman
Sumber :
  • Satlak Prima
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan kesiapan untuk menjadi mediator antara PSSI dan Kemenpora dalam mengatasi kisruh yang terjadi saat ini.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Menurut Ketua Umum KONI, Tono Suratman, pihaknya dalam waktu 1-2 hari ke depan akan coba menggelar pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi dan memberi penjelasan terkait status PSSI.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


"PSSI berharap saya bisa memberikan masukan kepada pemerintah. PSSI adalah anggota KONI. Jadi kami juga patut mendapat laporan dari mereka. Saya anggap masalah ini bisa diselesaikan, hanya karena masalah komunikasi saja," ujar Tono usai melakukan pertemuan dengan PSSI di kantor KONI, Senayan, Jakarta.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum KOI, Rita Subowo. Selain menyatakan siap menjadi mediator, dia juga meminta kepada PSSI untuk melakukan introspeksi. Karena baginya, PSSI dan Pemerintah dalam hal ini Kemenpora juga harus didengar pendapatnya.


Rita berpesan agar masalah ini bisa cepat selesai. Dia membeberkan betapa sulitnya pada 2011 lalu untuk menyatukan perpecahan dalam sepakbola nasional.


"Bagaimanapun sepakbola Indonesia harus diselamatkan. Harus berjuang apakah melalui dialog, pendekatan, introspeksi. Saya bilang coba dialog dengan pemerintah, apalagi kalau hanya soal liga."


"Saya sudah merasakan sulitnya mempersatukan 2 liga waktu itu. Semua pihak harus punya 1 niat dan tujuan, menyelamatkan sepakbola tanah air. Karena mengingat kita akan menghadapi SEA Games dan kita akan jadi tuan rumah Asian Games. Kalau ada apa-apa kan, Asian Games jalan, tapi sepakbola tidak ikut," tegas Rita. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya