'Minta Izin ke Tim Transisi Sama Saja Khianati PSSI'

Kantor PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A.
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Surat balasan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) kepada PT Liga Indonesia, yang menyatakan penolakan digulirkannya kembali Indonesia Super League (ISL) bocor ke publik. Isu itu ternyata juga mencuri perhatian pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai induk organisasi.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Pasalnya, dalam surat tersebut, BOPI enggan memberikan rekomendasi kepada PT Liga kalau tidak lebih dulu berkoordinasi dengan Tim Transisi bentukan Menpora Imam Nahrawi. Sebab, badan yang dipimpin oleh Noor Aman tersebut, bersikukuh menganggap otoritas tertinggi sepakbola nasional saat ini dipegang oleh Tim Transisi.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


Ditemui dalam rapat Komite Ad Hoc Reformasi PSSI, Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, mengatakan jika PT Liga jelas berdiri di pihaknya. Untuk itu, ketika akan menggulirkan ISL 2016, badan usaha yang dipimpin oleh Joko Driyono tersebut sepatutnya berkoordinasi dengan PSSI, bukan dengan Tim Transisi.


"Saya kira, PT Liga dengan PSSI itu satu suara, kita dengan PT Liga ini kan saudara, jadi jelas sikapnya pasti akan sama dengan kita," ujar Azwan kepada wartawan.


"Yang jelas, jika sampai harus berkoordinasi dengan Tim Transisi sama saja seperti membohongi diri sendiri. Itu sama saja menyebut kita (PSSI) sudah tidak ada, dan mempersilakan mereka (PT Liga) ke sana (Tim Transisi)," imbuhnya.


Soal menggelar turnamen, PSSI membuka pintu lebar kepada PT Liga, andai sifatnya independen. Azwan mengerti betul jika mereka adalah badan yang terdiri dari pemilik saham yakni para klub peserta ISL.


"Kalau PT Liga mau bikin kompetisi independen, ya silahkan saja. Orang lain bikin turnamen saja kita kasih rekomendasi kok, apalagi ini saudara sendiri," kata Azwan.


Hingga berita ini diturunkan, surat balasan BOPI sudah sampai ke tangan PT Liga. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris PT Liga, Tigor Shalomboboy. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya