Lihat Loyalitas Jakmania di Malaysia, Persija Janjikan Ini

Pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Apalah arti klub sepakbola tanpa adanya dukungan suporter. Akan hambar rasanya menonton pertandingan sepakbola tanpa ada suporter di stadion.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Salah satu suporter Indonesia yang paling militan dalam mendukung timnya adalah The Jakmania. Ke mana pun Persija Jakarta bertanding, Jakmania selalu hadir untuk mendukung tim kesayangannya.

Hal itu juga dilakukan Jakmania kala Macan Kemayoran bertandang ke markas Johor Darul Ta'zim dalam laga Grup H Piala AFC, Rabu 14 Februari 2018. Mereka tetap hadir meski bermain di Malaysia, di Tan Sri Dato Hj Hassan Yunos Stadium. Sayang, Macan Kemayoran takluk 0-3.

Piala AFC: Penakluk Bali United Ngamuk, 2 Klub Australia Tembus Final Zona ASEAN

Untuk itu, striker Persija, Bambang Pamungkas memberikan kredit khusus kepada The Jakmania. Sebagai salah satu pemain paling senior di tim saat ini, Bepe merasa dukungan suporter setia sangat membantu tim melewati segala kondisi.

"Ya, The Jakmania adalah suporter yang sangat luar biasa dan loyal. Ketika kami main di Solo saat Piala Presiden, mereka hadir sebanyak 20 ribu orang padahal kami bermain tandang. Jadi mereka memang luar biasa dan terima kasih sudah datang ke Johor. Kami sangat menghargainya," ujar Bepe.

Drawing 16 Besar Liga Champions Asia: Cristiano Ronaldo Cs Tantang Sesama Klub Arab Saudi

Melihat loyalitas para pendukungnya, pelatih Persija, Stefano Cugurra Rodrigues, juga tak ingin kembali tampil mengecewakan dalam laga selanjutnya di kompetisi Asia. Pelatih asal Brasil menjanjikan timnya bakal bermain mati-matian ketika berlaga di kandang.

"Tentu. Kami sangat optimis bisa melakukannya karena pemain-pemain kami akan all out di kandang," kata pelatih yang akrab disapa Teco.

Laga selanjutnya Persija di Piala AFC berlangsung pada 28 Februari 2018. Macan Kemayoran menjamu wakil Singapura, Tampines Rovers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya