Astori Meninggal, Buffon Tak Jadi Pensiun

Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVA – Kepergian Davide Astori untuk selamanya, ternyata menginspirasi Gianluigi Buffon untuk mengurungkan niat pensiun. Penjaga gawang 40 tahun akhirnya menegaskan akan kembali jadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Italia.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Astori meninggal dunia akibat serangan jantung, 4 Maret 2018. Meninggalnya kapten Fiorentina dan pilar lini belakang Timnas Italia itu, membuat kiper Juventus sangat terpukul. Dikatakan Buffon, kepergian Astori yang membuatnya kembali ke Timnas Italia.

Sebab sebelumnya, Buffon memutuskan untuk pensiun setelah Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Italia gagal lolos setelah kalah dari Swedia dalam laga playoff, pertengahan November 2017.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Kapten Fiorentina, Davide Astori.

Davide Astori

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Kembalinya Buffon ke Timnas Italia tak hanya mendapat pujian, tapi juga cibiran. Banyak pihak yang merasa Buffon sudah terlalu tua untuk kembali mengenakan seragam biru kebanggaan.

Namun, Buffon menjawab kritik tersebut. Eks kiper Parma ini menegaskan jika ia adalah orang yang bertanggung jawab dan logis dalam menentukan keputusan. Buffon ingin mendampingi dan membimbing para pemain muda Italia, dan memainkan perannya sebagai pemain senior.

"Saya adalah orang yang logis dan bertanggung jawab. Itu cukup menjelaskan kehadiran saya saat ini. Saya selalu bisa menyatukan skuat ini, dan saya ingin melihat kehadiran saya di sini berdasarkan sudut pandang ini," kata Buffon tegas, dikutip Calciomercato.

"Banyak pemain muda akan berkembang, di antaranya siap dan punya kesempatan besar untuk bersinar. Saya juga di sini untuk (Davide) Astori. Ini alasan lain mengapa saya berada di sini," ujarnya.

Sejak masuk dalam skuat Timnas Italia pada 1997, Buffon sudah tampil dalam 175 pertandingan. Jumlah caps Buffon tersebut merupakan yang terbanyak dalam sejarah sepakbola Italia. Buffon juga adalah salah satu piliar Gli Azzurri saat juara Piala Dunia 2006. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya