Dramatis, Nigeria Tembus Semifinal Piala Afrika Usai Taklukkan Afsel

Pemain Timnas Nigeria, Samuel Chukwueze, melakukan selebrasi usai mencetak gol
Sumber :
  • Instagram/@ng_supereagles

VIVA – Nigeria sukses melaju ke babak semifinal Piala Afrika 2019 usai menyingkirkan Afrika Selatan (Afsel). Menghadapi Afrika Selatan dalam laga perempatfinal di Cairo International Stadium, Kairo, pasukan Gernot Rohr memetik kemenangan tipis 2-1, Kamis 11 Juli 2019 dini hari WIB.  

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Nigeria langsung mengancam pertahanan Afrika Selatan saat laga baru berjalan enam menit. Adalah gelandang yang bermain untuk Leicester City, Wilfred Ndidi yang mencoba peruntungan lewat sebuah tendangan dari luar kotak penalti. Sayan, bola sepakan Ndidi masih melambung.

Lima menit berselang, Afrika Selatan nyris unggul lebih dulu andai bola sepakan Thembinkosi Lorch tak mendarat tipis di sisi kanan gawang Nigeria.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Menit 27, Nigeria unggul lebih dulu lewat gol Samuel Chukwueze. Menerima umpan Alex Iwobi, sepakan gelandang Villarreal ini sempat diblok oleh kiper Afrika Selatan, Ronwen Williams. Akan tetapi, bola langsung disambar kembali oleh Chukwueze tanpa bisa dihalau lagi oleh Williams.

Chukwueze kembali mendapatkan peluang di menit 36. Menerima umpan Ahmed Musa, Chukwueze melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, usaha untuk menggandakan keunggulan gagal. Bola tembakannya masih melambung.

Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Nigeri kemudian berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 atas Afrika Selatan hingga pertandingan babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Nigeria kembali membahayakan gawang Afrika Selatan di menit 53. Ndidi membuat peluang lagi. Akan tetapi, Ndidi lagi-lagi gagal lantaran tembakannya masih melenceng di sisi kanan.

Thamsanqa Mkhize membuat peluang buat Afrika Selatan di menit 63. Mendapatkan umpan dari Kamohelo Mokotjo, Mkhize langsung melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola sepakan gelandang asal klub Cape Town City ini masih berada tipis di sisi kanan gawang.

Menit 71, Afrika Selatan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas Themba Zwane yang membuat kemelut di depan gawang Nigeria. Bongani Zungu kemudian berhasil membobol gawang Danie Akpeyi lewat sebuah sundulan. Wasit sempat menghentikan laga untuk melihat VAR (Video Assistant Referee), untuk mengetahui posisi Zungu yang berbau offside. Akan tetapi, wasit akhirnya tetap mengesahkan gol tersebut dan skor berubah menjadi 1-1.

Saat pertandingan diprediksi bakal berakhir imbang dalam waktu normal, Nigeria berhasil unggul lagi. Tepatnya di menit 89, William Troost-Ekong berhasil membuat gol buat Nigeria. Memanfaatkan umpan Moses Simon, defender yang bermain untuk Udinese ini menghujamkan bola dari jarak dekat tanpa bisa dibendung Williams. 

Gol yang dibuat Troost-Ekong memastikan kemenangan Nigeria atas Afrika Selatan dengan skor akhir 2-1. Kemenangan ini memastikan langkah armada The Super Eagles ke babak semifinal Piala Afrika 2019. Di babak semifinal nanti, Nigeria akan berhadapan dengan pemenangan laga antara Pantai Gading kontra Aljazair.

Susunan Pemain:

Nigeria: Daniel Akpeyi (gk); Chidozie Awaziem, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Jamilu Collins, Peter Etebo, Wilfried Ndidi, Samuel Chukwueze, Alex Iwobi (Leon Balogun'90), Ahmed Musa (Moses Simon'81), Odhion Ighalo. 

Afrika Selatan: Ronwen Williams (gk); Thamsanqa Mkhize, Thulani Hlatshwayo, Buhle Mkhwanazi, Sifiso Hlanti, Bongani Zungu, Dean Furman, Kamohelo Mokotjo, Percy Tau, Thembinkosi Lorch (Themba Zwane'59), Lebo Mothiba (Lars Veldwijk'86).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya