Samai Rekor Vittorio Pozzo, Mancini Bisa Bikin Sejarah Baru Italia

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Kemenangan besar diraih Timnas Italia saat melawat ke Rheinpark Stadion, Vaduz, markas Liechtenstein, Rabu 16 Oktober 2019 dini hari WIB. Armada Gli Azzurri berhasil membantai tuan rumah 5-0 dalam matchday 8 Grup J kualifikasi Piala Eropa 2019.

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Lima gol kemenangan Italia dalam pertandingan ini masing-masing dicetak oleh Federico Bernardeschi (2), Andrea Belotti (70, 90+2), Alessio Romagnoli (77), serta Stephan El Shaarawy (82). Hasil ini makin memantapkan rekor Italia di fase grup kualifikasi Piala Eropa 2020.

Menurut data Uefa.com, Italia  jadi salah satu tim yang berhasil menyapu bersih delapan laga dengan kemenangan. Selain Italia, pemuncak klasemen Grup I, Belgia, juga punya rekor yang sama.

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

Selain rekor tim, Roberto Mancini juga berhasil menyamai catatan pelatih legendaris Italia, Vittorio Pozzo. Mantan pelatih Inter Milan, Manchester City, dan Galatasaray, sukses mengantar Italia meraih sembilan kemenangan secara beruntun.

Catatan tersebut sama dengan yang pernah dibuat Pozzo saat menangani Italia periode 1929-1948. Saat itu, Pozzo mengantar Italia meraih sembilan kemenangan beruntun mulai 15 Mei 1938 hingga 26 Maret 1939.

Mario Balotelli Kalem Tanggapi Pemanggilan Timnas Italia

Mancini sebelumnya berhasil membawa Itala meraih sembilan kemenangan, terhitung dari kemenangan atas Amerika Serikat 1-0 dalam laga uji coba di Luminus Arena, Genk, 20 November 2018. Setelah itu, pelatih berusia 54 tahun ini terus membawa Italia melaju kencang, hingga hasil positif melawan Liechtenstein. Mancini butuh satu kemenangan lagi untuk memecahkan rekor Pozzo sebagai pelatih dengan catatan kemenangan beruntun terbanyak.

"Saya mengatakannya berkali-kali. Saya ingin menyamainya (Pozzo) dalam memenangkan Piala Dunia dua kali (Pozzo mengantar Italia juaga Piala Dunia 1934 dan 1938). Tetapi, hanya memenangkan (laga kualifikasi) Piala Eropa 2020 saja sudah cukup," kata Mancini dikutip Uefa.com.

Italia sebelumnya sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, setelah mengalahkan Yunani 2-0 dalam laga sebelumnya. Italia saat ini kokoh di puncak Grup J dengan koleksi 24 poin. Catatan ini unggul sembilan poin dari Finlandia di posisi kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya