Sejarah Baru Wales, Ramsey, dan Giggs

Para pemain Timnas Wales merayakan kesuksesan lolos ke Piala Eropa 2020
Sumber :
  • Twitter/@OptaJoe

VIVA – Ada sejarah baru yang tercipta usai Wales berhasil melaju ke putaran final Piala Eropa 2020. Bukan cuma tim dari negara Britania ini saja, tetapi dua elemen di dalamnya juga punya catatan tersendiri pasca kesuksesan ini.

Mitos Paling Aneh di Sepakbola, Osama Bin Laden hingga Nicky Hayden Meninggal Gegara Gol Pemain Ini?

Wales memastikan diri lolos ke turnamen prestisius empat tahunan Benua Biru, usai memetik kemenangan atas Hungaria dalam laga pamungkas babak kualifikasi. Menjamu Hungaria di Cardiff City Stadium, Cardiff, armada The Dragons menang 2-0 dalam matchday 8 Grup E, Rabu 20 November 2019 WIB.

Catatan positif dibuat oleh Aaron Ramesey, gelandang senior Wales yang mencetak dua gol kemenangan dalam laga ini. Pemain yang membela Juventus ini mampu mencetak brace masing-masing menit 15 dan 47. Menurut data Opta, ini adalah catatan dua gol pertama yang dibuat gelandang 28 tahun, selama 10 tahun membela Wales.

Jadi Bagian dari Real Madrid Tak Selamanya Menyenangkan

Masuk dalam skuat utama Wales pada 2008, Ramsey total memiliki 58 caps dan mampu mencetak 14 gol. Mantan pemain Arsenal ini juga jadi salah satu pemain penting saat membawa Wales lolos ke Piala Eropa 2016 lalu.

"Aaron Ramsey mendapatkan kelas dan kualitas yang kami lewatkan. Tetapi saya kira, lebih baik terlambat daripada tidak," ucap Giggs dikutip Uefa.com.

Gareth Bale Umumkan Pensiun, Real Madrid: Terimakasih Legenda Hebat

Kemudian ada nama Ryan Giggs. Legenda hidup Manchester United yang kini berperan sebagai pelatih kepala Wales, mampu menyamai rekor yang sebelumnya dibuat oleh dua pendahulunya, Chris Coleman. Giggs berhasil mengantar Wales lolos ke Piala Eropa 2020, seperti halnya Coleman yang membawa Gareth Bale cs lolos ke Piala Eropa empat tahun silam.

"Ini tentang staf, para pemain, dan bangsa secara keseluruhan. Kami sudah melakukannya bersama-sama. Tidak ada yang lebih baik dari hari ini, untuk memimpin negara saya di kejuaraan besar Eropa," kata Giggs.

Catatan terakhir tentu berasal dari Timnas Wales secara keseluruhan. Keberhasilan melaju ke Piala Eropa edisi ke-16 jadi yang ketiga kali bagi Wales masuk ke turnamen kompetitif internasional. Sebelumnya, Wales masuk ke Piala Dunia 1958 Swedia, dan Piala Eropa 2016 Prancis.

Pada gelaran Piala Dunia 1958, Wales berhasil menembus babak perempatfinal. Sementara di Piala Eropa 2016, Wales sukses melangkah hingga semifinal. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya