On This Day: Gol ke-128 Kiper Legendaris Brasil

Kiper Sao Paolo, Rogerio Ceni
Sumber :

VIVA –  Mencetak lebih dari 100 gol bukanlah perkara mudah. Seorang striker yang tugas utamanya mencetak gol saja tak semuanya bisa melakukannya.

Kiper Dewa United Bikin Gol, Berikut 5 Kiper dengan Gol Terbanyak di Dunia

Maka saat ada kiper yang bisa mencetak lebih dari 100 gol, itu adalah hal yang luar biasa. Catatan tersebut ditorehkan kiper legendaris Brasil, Rogerio Ceni.

Dilansir BBC, pada 4 Juni 2015, Ceni masuk dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Sao Paulo. Dia mencetak gol ke-128 saat Sao Paolo menekuk Santos 3-2.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

"Hari ini, Ceni mencapai sesuatu yang sulit diraih oleh penyerang manapun," tulis Twitter resmi Sao Paulo.

On This Day: Kematian Tragis Legenda Hollywood Audrey Hepburn

Ceni dinobatkan sebagai kiper dengan torehan gol terbanyak di dunia oleh Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional (IFFHS). Sepanjang kariernya pada 1990 hingga 2015, dia mencatat 131 gol.

Gol-gol Ceni hampir semuanya lahir lewat bola mati, yakni lewat tendangan bebas dan titik penalti. Sebanyak 61 gol lahir dari tendangan bebas, 70 gol dari titik penalti, dan satu gol dari open play.

Semua gol Ceni diraih bersama klubnya, Sao Paulo. Dia pernah 18 kali membela Timnas Brasil, namun tidak mencetak gol.

Rekor yang diraih Ceni jauh di atas kiper produktif lainnya. Posisi kedua ditempati kiper legendaris Paraguay, Jose Luis Chilavert. Chilavert mencetak 67 gol sepanjang kariernya.

Ceni memutuskan pensiun pada 6 Desember 2015 lalu. Legenda Brasil, Ronaldinho memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

"Selamat untuk karir dan perjalanan panjang Anda. Anda adalah contoh bagus untuk seorang atlet dan juga pribadi. Selamat untuk fase yang baru," tulis Ronaldinho lewat akun Twitter miliknya, seperti dilansir Soccerway.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya