On This Day: Terciptanya Penalti Panenka

Penalti Antonin Panenka di final Piala Eropa 1976
Sumber :
  • Le Parisien

VIVA – Dalam dunia sepakbola, Panenka merupakan teknik berkelas yang digunakan dalam tendangan penalti. Di mana eksekutor penalti alih-alih menendang bola ke kiri atau kanan kiper, malah menembak pelan ke tengah.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Teknik mengarahkan ke tengah gawang menipu kiper yang bersiap melakukan penyelamatan ke kiri atau ke kanan. Teknik ini pertama kali dilakukan oleh pemain Cekoslovakia, Antonín Panenka.

Cekoslovakia bertemu Jerman Barat di final Piala Eropa 1976. Kedua tim bertemu di Red Star Stadium, Belgrade pada 20 Juni 1976.

Ada yang Menelepon, Toni Kroos Kembali Main di Timnas Jerman

Meski difavoritkan juara, Jerman Barat justru sempat tertinggal 0-2 oleh Cekoslovakia melalui gol Jan Svehlik di menit 8 dan gol Karol Dobias saat laga memasuki menit 25.

Jerman Barat berhasil memaksakan hasil imbang di waktu normal berkat gol Dieter Muller di menit 28 dan gol Bernd Holzenbein pada menit 89. Skor 2-2 yang memaksakan perpanjangan waktu.

On This Day: Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Terbang Untuk Pertama Kalinya

Saat perpanjangan waktu tidak kunjung tercipta gol pemenang, maka laga pun selanjutnya ditentukan oleh adu penalti. Tiga eksekutor penalti kedua tim sukses menunaikan tugas mereka.

Dan kegagalan eksekutor penalti keempat Jerman Barat, Uli Hoeness, menjadi peluang emas buat eksekutor kelima Cekoslovakia, Antonin Panenka untuk menyegel kemenangan buat timnya.

Dia melepas tendangan chip ke tengah gawang yang menipu kiper Jerman Barat, Sepp Maier. Penalti Panenka ini pun menghasilkan kemenangan buat Cekoslovakia sekaligus menjadi fenomena sendiri.

Cekoslovakia menang 5-3 lewat adu penalti dan merebut satu-satunya gelar Piala Eropa mereka. Kini, Cekoslovakia sudah terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia.

Sampai hari ini penalti kemenangan Cekoslovakia itu menjadi salah satu penalti yang paling terkenal dan membuat nama Panenka identik dengan gaya tendangan penalti jenis itu. Teknik tendangan penalti ini juga kerap disebut Il Cucchiaio (sendok) di Italia, Cavadinha (cungkilan) di Brasil dan Picado (tendangan penalti menyodok) di Argentina.

Beberapa bintang yang pernah melakukan aksi Panenka ini di antaranya Thierry Henry, Zinedine Zidane, Lionel Messi, Fransesco Totti, Zlatan Ibrahimovic, Andrea Pirlo hingga Sergio Ramos.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya