Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Pemain Timnas Georgia rayakan keberhasilan lolos ke EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Tamuna Kulumbegashvili

Georgia – Seluruh tim yang lolos ke EURO 2024 di Jerman sudah diketahui. Tiga tim terakhir lolos melalui jalur playoff yang digelar Rabu dini hari WIB, 27 Maret 2024.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Tiga tim terakhir yang lolos adalah Timnas Georgia, Timnas Ukraina dan Timnas Polandia. Ini membuat total 24 tim peserta EURO 2024 sudah diketahui.

Timnas Georgia mencatat sejarah untuk pertama kali lolos ke Piala Eropa. Mereka memastikan lolos ke EURO 2024 usai menundukkan Timnas Yunani lewat adu penalti di partai playoff di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tblisi, Georgia.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Perjuangan Georgia tidak mudah. Mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit 90+3 setelah Giorgi Loria diganjar kartu merah.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Meski kalah jumlah pemain, Georgia mampu menahan Yunani hingga 120 menit. Dan di adu penalti negara pecahan Uni Soviet ini mampu menang 4-2 sekaligus memastikan tiket ke Jerman.

Ini menjadi debut Georgia di turnamen besar, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia. Sebelumnya, mereka sempat menjadi bagian dari Uni Soviet.

Di EURO 2024, Georgia tergabung di Grup F. Mereka akan bersaing dengan Turki, Portugal dan Republik Ceko.

Timnas Ukraina juga berhasil memastikan tiket ke EURO 2024. Sempat tertinggal, mereka akhirnya menekuk Islandia 2-1 di Tarczyński Arena, Wroclaw, Polandia.

Ukraina tergabung di Grup E di Jerman nanti. Mereka akan bersaing dengan Belgia, Slovakia dan Rumania.

Satu tiket terakhir ke Jerman akhirnya direbut Polandia. Mereka menekuk Wales 5-4 lewat adu penalti di Cardiff City Stadium, setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Polandia akan bersaing di Grup D. Robert Lewandowski cs akan bertemu Belanda, Austria dan Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya