On This Day: Mario Goetze Perpanjang Derita Argentina dan Messi

Mario Goetze bobol gawang Argentina di final Piala Dunia 2014.
Sumber :
  • wikipedia

VIVA – Lionel Messi baru saja mengakhiri penantian panjang di Timnas Argentina. La Pulga meraih gelar internasional perdananya bersama Argentina dengan menjuarai Copa America 2021.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Bagi Argentina, mereka juga mengakhiri paceklik gelar internasional. Gelar terakhir yang mereka rebut adalah Copa America 1993, atau sudah 28 tahun silam.

Sebelum sukses ini, Argentina pernah dibuat menangis di final Piala Dunia 2014. Albiceleste bentrok dengan Jerman di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, 13 Juli 2014.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Kali terakhir Argentina menjadi juara Piala Dunia pada 1986. Publik Argentina tentunya berharap negaranya bisa mengakhiri paceklik gelar tersebut.

Namun, Argentina ternyata harus menangis. Keputusan pelatih Jerman Joachim Loew memasukkan Mario Goetze di menit 88 berbuah manis.

Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

Goetze menjadi pahlawan kemenangan Jerman. Dia mencetak gol tunggal kemenangan Der Panzer di babak tambahan, tepatnya di menit 113.

Gol tersebut tergolong cantik. Usai mengontrol bola dengan dada, melepaskan sepakan voli cantik yang gagal dihalau kiper Argentina, Sergio Romero. Jerman akhirnya menang dengan skor 1-0.

"Saya bilang pada Goetze untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kamu lebih baik dari Messi. Saya punya perasaan yang bagus mengenai dia," kata Loew seperti dilansir Soccerway.

Mengenai keberhasilan Jerman juara, Loew menilai ini adalah hasil proyek panjang selama 10 tahun. Sebelumnya, Loew sempat menjabat asisten pelatih Juergen Klinsmann pada 2004 hingga 2006.

"Kami memulai proyek ini sejak 10 tahun lalu. Apa yang terjadi hari ini adalah hasil dari kerja bertahun-tahun yang dimulai bersama Juergen Klinsmann," kata Loew.

"Kami membuat kemajuan yang konstan. Kami percaya dengan proyek ini, kami bekerja keras. Jika ada kelompok yang layak juara, inilah tim tersebut," tegasnya.

Lionel Messi menerima bola emas Piala Dunia 2014

Photo :
  • Zimbio

Messi akhirnya merebut gelar Bola Emas sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2014. Namun, rasanya gelar hiburan tersebut tak bisa mengobati kekecewaan Messi.

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya