5 Rekor Lionel Messi di Tahun 2021, Peraih Ballon d'Or Terbanyak

Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2021
Sumber :
  • twitter.com/francefootball

VIVA – Nama Lionel Messi secara terus menerus menentang hukum normal penuaan dan terus membuat penampilan terbaik bersama klub dan negaranya. Tidak terkecuali untuk tahun 2021, sebab ikon Argentina tersebut dapat dikatakan mempunyai tahun terbaik dalam kariernya. La Pulga, sebutan Messi, mencapai kesuksesan yang tidak pernah dicapai di tahun-tahun sebelum 2021. Untuk Lionel Messi, meraih kemenangan trofi internasional bersama dengan negara asalnya adalah sebuah motivasi terbesar di balik umur panjangnya.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Pemain yang sudah berusia 34 tahun tersebut nyaris kalah dalam tiga kesempatan sebelumnya ketika ia kalah di tiga final bersama dengan Argentina antara tahun 2014 dan 2016. Akan tetapi pada tahun 2021, Messi akhirnya mematahkan semangatnya ketika dia memimpin Argentina untuk mendapatkan gelar Copa America untuk trofi pertama mereka di Piala Dunia. Lionel Messi berganti klub untuk pertama kalinya sepanjang karier, dan bergabung dengan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Nah, berikut adalah beberapa rekor Lionel Messi tahun 2021 yang disadur dari Sportskeeda.

Lalu, Apa Saja Rekor Lionel Messi Tahun 2021?

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

1. Penampilan Terbanyak Argentina

Lionel Messi

Photo :
  • Twitter: Timnas Argentina
Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Messi mengawali sebagai pemain internasional Argentina sejak usia 18 tahun atau pada tahun 2005 di bawah Jose Pekerman. Ia terkenal karena menerima kartu merah dalam debutnya saat berhadapan dengan Hungaria. Hal ini karena wasit menganggap bahwa La Pulga sengaja menyikut seorang bek hanya dua menit usai masuk menjadi pemain pengganti. Lionel Messi kembali ke klub tidak lama setelah itu dan kemudian membentuk bagian dari tim yang menuju Piala Dunia FIFA 2006.

Ia tampil dalam pertandingan grup kedua berhadapan dengan Serbia dan Montenegro, menjadikannya sebagai pemain Argentina termuda yang tampil di Piala Dunia. Ia mencetak gol dalam debut Piala Dunia untuk Argentina. Messi membuat rekor penampil terbanyak untuk Argentina saat ia turun melawan Bolivia di Copa America 2021. Ia menyamai rekor Javie Masherano dengan 147 penampilan. Messi sudah membuat 158 penampilan dalam warna Argentina.

2. Pemain Pertama Peraih 7 Trofi Ballon d’Or

Lionel Messi

Photo :
  • Daily Star

Tahun 2021, Messi berhasil mendapatkan penghargaan Ballon d’Or ketujuhnya yang memperpanjang rekornya menjadi pemain dengan jumlah penghargaan terbanyak yang pernah ada. Messi sukses menyingkirkan persaingan ketat dari Robert Lewandowski dan Jorginho yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga.

Kemenangan Lionel Messi di Copa America bersama dengan klub negaranya adalah faktor terbesar ia meraih trofi Ballon d’Or ketujuh. Pemain berusia 34 tahun tersebut meraih trofi pertamanya tahun 2009 dan memenangkan enam lagi dalam 12 tahun berikutnya.

3. Gol Internasional Terbanyak oleh Pemain Amerika Selatan

Aksi Lionel Messi saat hadapi Paraguay dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

Photo :
  • Twitter: Timnas Argentina

Sebelum adanya Lionel Messi, Edson Arantes do Nascimento atau Pele adalah orang yang berkuasa di Amerika Selatan. Ia berhasil mencetak gol tertinggi untuk negara di Amerika Selatan. Pele kemudian dipilih oleh banyak orang menjadi pemain sepak bola terbesar sepanjang semasa karena kontribusinya bersama Brasil.

Pele mencetak 77 gol pada 91 pertandingan untuk Selecao dalam kariernya, sehingga membantu untuk memenangkan Piala Dunia FIFA tiga kali. Sementara Messi berhasil mengungguli rekor Pele menjadi pemain Amerika Selatan dengan skor tertinggi sepanjang masa. Messi sudah mencetak 80 gol dalam 158 pertandingan bersama Argentina sejak debutnya.

4. Gol Terbanyak dalam Satu Liga

Lionel Messi

Photo :
  • Instagram: Paris Saint-Germain

Lionel Messi bermain di La Liga Spanyol sepanjang kariernya sebelum akhirnya pindah ke PSG di musim panas 2021. Messi meninggalkan jejak yang tidak terhapus di liga dan mencetak banyak gol selama di Barcelona. Sebelum Messi, Pele sudah mencetak gol terbanyak dalam satu liga dengan 469 gol di Serie A Brasil.

Kemudian di tahun 2021, Messi berhasil mengungguli jumlah tersebut dengan membuat 474 gol untuk Barcelona di La Liga mulai dari tahun 2005 sampai 2021. Perhitungan Messi dari 474 gol tersebut adalah jumlah tertinggi yang pernah dicetak pemain untuk satu tim.

5. Orang Pertama yang Memenangkan Ballon d’Or dalam Tiga Dekade Terpisah

LIonel Messi dan Sergio Aguero

Photo :
  • https://www.instagram.com/leomessi/

Memenangkan trofi bergengsi Ballon d’Or sebanyak tujuh kali belum pernah terjadi sebelumnya. Tapi, pada TAHUN 2021 Messi adalah orang pertama dalam sejarah yang menerima penghargaan tersebut dalam tiga dekade terpisah. Messi meraih Ballon d’Or pertamanya tahun 2009 saat berusia 22 tahun.

Sementara untuk trofi ketujuhnya ia dapatkan di usia 34 tahun tahun 2021, sehingga Messi memenangkan penghargaan pada tahun 2000-an, 2010-an, dan 2020-an. Pesaing terdekatnya adalah Cristiano Ronaldo yang memenangkan penghargaan lima kali secara total dalam dua dekade, tahun 2000-an dan 2010-an.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya