Piala Afrika 2021 Dimulai Besok, Adu Gengsi Mahrez, Mane hingga Salah

Striker Timnas Mesir, Mohamed Salah
Sumber :
  • instagram.com/mosalah/

VIVA – Piala Afrika 2021 akan dimulai besok di Kamerun. Sebanyak 24 tim terbaik Afrika bakal unjuk gigi dalam turnamen yang berlangsung di Kamerun, 9 Januari hingga 6 Februari 2022.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Awalnya, turnamen ini dijadwalkan bergulir pada Juni-Juli 2021. Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) memindahkan turnamen pada pada 9 Januari hingga 6 Februari 2021 karena kondisi iklim di Kamerun yang tak memungkinkan.

Pada 30 Juni 2020, CAF kembali memindahkan jadwal Piala Afrika 2021 untuk kedua kalinya karena pandemi COVID-19. Turnamen ini akhirnya digelar pada 9 Januari hingga 6 Februari 2022.

Cristiano Ronaldo Kartu Merah, Al Nassr Dibekuk Al Hilal

Piala Afrika 2022 dipastikan berlangsung seru. Sebab, sederet bintang dunia akan beraksi dari mulai Mohamed Salah (Mesir), Riyad Mahrez (Aljazair) dan Sadio Mane (Senegal).

Aljazair berstatus sebagai juara bertahan. Mereka diperkuat sederet bintang top dari mulai Riyad Mahrez (Manchester City), Adam Ounas (Napoli) dan Ismael Bennacer (Senegal). Aljazair juga mendapat bekal manis sebagai juara FIFA Arab Cup 2021.

Cristiano Ronaldo Hattrick Lagi, Al Nassr Hancurkan Abha 8-0!

Masih ada Mesir sebagai tim yang paling sering juara Piala Afrika. Mesir memiliki sederet bintang dari mulai Mohamed Salah (Liverpool), Trezeguet (Aston Villa) dan Mohamed Elneny (Arsenal).

Lalu, Senegal berambisi merebut gelar Piala Afrika untuk kali pertama. Mereka diperkuat Sadio Mane (Liverpool). Ismaila Sarr (Watford), Kalidou Koulibaly (Napoli). Belum lagi ada Edouard Mendy yang tampil gemilang di Chelsea.

Tuan rumah Kamerun juga tak bisa dipandang sebelah mata. Di situ ada Eric Maxim Choupo-Moting (Bayern Munich) dan André-Frank Zambo Anguissa (Napoli).

24 tim di Piala Afrika dibagi dalam enam grup. Juara dan runner up grup, ditambah empat peringkat tiga terbaik mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

Pembagian Grup Piala Afrika 2021

Grup A
Kamerun
Burkina Faso
Ethiopia
Tanjung Verde

Grup B
Senegal
Zimbabwe
Guinea
Malawi

Grup C
Maroko
Ghana
Komoro
Gabon

Grup D
Nigeria
Mesir
Sudan
Guinea-Bissau

Grup E
Aljazair
Sierra-Leone
Guinea Khatulistiwa
Pantai Gading

Grup F
Tunisia
Mali
Mauritania
Gambia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya