5 Pelatih Terkaya di Dunia, Nomor Satu Bukan dari Premier League

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Sumber :
  • AFP/CARMEN JASPERSEN

VIVA – Pelatih atau manajer klub sepakbola mempunyai peran penting dalam menyusun taktik tim yang diasuhnya. Namun terkadang, penghasilan mereka masih kalah jauh dari para pemain.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Terlepas dari itu semua, ada beberapa pelatih atau manajer klub sepakbola yang memiliki kekayaan di atas rata-rata. Siapa saja mereka?

Menurut laporan WealthyCelebrity.com, pelatih atau manajer terkaya di dunia bukan berasal dari Premier League. Padahal, kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu memiliki klub-klub yang sangat tajir.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Pemuncak dalam daftar manajer atau pelatih terkaya di dunia ditempati oleh juru taktik Atletico Madrid, Diego Simeone. Kekayaannya mengalahkan sejumlah manajer klub Premier League, seperti Pep Guardiola (Manchester City) atau Juergen Klopp (Liverpool).

Berikut daftar 5 pelatih atau manajer terkaya di dunia:

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

5. Jose Mourinho (AS Roma) - 19,2 juta poundsterling

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho

Photo :
  • twitter.com/ASRomaEN

Jose Mourinho merupakan salah manajer yang paling dihormati, karena telah memenangkan sejumlah gelar liga di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol selama kariernya.

Dia juga dua kali memenangkan Liga Champions. Pertama bersama Porto sebelum meraih treble dengan Inter Milan pada 2009/10.

Eks manajer Manchester United dan Tottenham Hotspur itu saat ini sedang menjalankan tugas bersama AS Roma. Kekayaan bersihnya dari kariernya selama menjadi manajer atau pelatih mencapai 19,2 juta poundsterling (Rp373,9 miliar).

4. Juergen Klopp (Liverpool) - 20 juta poundsterling

Manajer Liverpool, Juergen Klopp

Photo :
  • Daily Mail

Usai mengakhiri penantian 30 tahun Liverpool merebut gelar liga dan memberikan trofi Liga Champions keenam bagi The Reds, mungkin tidak mengherankan jika Klopp masuk ke daftar ini.

Sosok asal Jerman itu sekarang sudah memasuki musim ketujuhnya di Anfield dan masih memiliki lebih dari dua tahun tersisa di kontraknya.

Kesepakatan baru dapat membuat keyaan bersihnya naik lebih tinggi dari 20 juta poundsterling (Rp389,3 miliar). Namun, dia telah mengisyaratkan untuk pensiun sebagai manajer atau pelatih ketika kontraknya berakhir pada 2024 mendatang.

3. Pep Guardiola (Manchester City) - 22,7 juta poundsterling

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • twitter.com/ManCity

Guardiola telah memenangkan sembilan gelar liga sejak memulai karier manajerialnya di tim senior bersama Barcelona pada 2008. Bahkan, dia memenangkan treble di musim pertamanya.

Dia kemudian memenangkan Liga Champions lagi di musim kedua terakhirnya di Camp Nou sebelum melanjutkan kesuksesan dengan Bayern Munich dan Manchester City.

Bersama ManCity hingga saat ini, yang berpredikat sebagai klub terkaya di dunia, Guardiola telah mengumpulkan kekayaan bersih sebesar 22,7 juta poundsterling (Rp441,9 miliar) sejak tiba di Etihad Stadium enam tahun silam.

Namun, masa depan jangka panjangnya masih belum jelas, dengan kontraknya di ManCity akan selesai pada akhir musim depan.

2. Antonio Conte (Tottenham Hotspur) - 25,3 juta poundsterling

Antonio Conte

Photo :
  • inter.it

Mungkin agak mengejutkan melihat Conte berada di atas Guardiola. Pasalnya, Conte memiliki kekayaan besar sebesar 25,3 juta poundsterling (Rp462,6 miliar).

Juru formasi asal Italia itu memang memiliki CV yang mengesankan setelah memenangkan gelar liga di Inggris dan Italia, termasuk tiga Scudetto berturut-turut bersama Juventus.

Dia juga menikmati tugas internasional yang menguntungkan sebagai pelatih Timnas Italia dan mengambil alih posisi manajer Tottenham pada bulan November 2021 dengan durasi kontrak selama 18 bulan.

1. Diego Simeone (Atletico Madrid) - 34,1 juta poundsterling

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone

Photo :
  • Twitter/@Atleti

Berjarak sekitar 8,8 juta poundsterling dengan pesaing terdekatnya, status Simeone sebagai pelatih terkaya di dunia kemungkinan akan tetap bertahan bahkan jika dia segera meninggalkan Atletico.

Saat ini, kekayaan Simeone mencapai 34,1 juta poundsterling (Rp666,6 miliar). Pelatih asal Argentina sedang dalam tantangan berat untuk membawa Atletico meraih kesuksesan besar di Liga Champions.

Sebab, Atletico dipastikan mustahil untuk mempertahankan gelar LaLiga karena mereka berada di urutan kelima klasemen sementara. Mereka baru mengumpulkan 25 poin dari 25 laga, atau tertinggal 15 angka dari pemuncak klasemen Real Madrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya