Kalahkan Atalanta, RB Leipzig Lolos ke Semifinal Liga Europa

Para pemain RB Leipzig merayakan gol.
Sumber :
  • Twitter/@EuropaLeague

VIVA – Atalanta menjamu RB Leipzig dalam pertandingan perempatfinal Liga Europa 2021/22 di Gewiss Stadium, pada Jumat 15 April 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, RB Leipzig sukses mengalahkan Atalanta.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Hasil imbang 1-1 di leg pertama membuat kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk lolos. Atalanta coba tampil dengan tempo cepat, sedangkan RB Leipzig menerapkan strategi yang taktis.

Laga baru berjalan enam menit, Atalanta nyaris saja membuka skor. Namun, sepakan Davide Zappacosta usai menerima umpan Ruslan Malinovskiy masih dapat diamankan dengan cekatan oleh kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Menit 17, Atalanta kembali memperoleh kesempatan untuk membobol gawang RB Leipzig. Namun, tembakan Ruslan Malinovskiy usai memanfaatkan bola liar di kotak penalti RB Leipzig masih bisa dimentahkan oleh Gulacsi.

Justru RB Leipzig yang berhasil mencetak gol saat pertandingan memasuki menit 18. Adalah Christian Nkunku yang sukses menceploskan bola ke gawang Atalanta dengan tendangan terukurnya usai memanfaatkan operan dari Konrad Laimer.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, Atalanta terus menggempur pertahanan RB Leipzig. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan RB Leipzig tak berubah.

Usai jeda, Atalanta coba meningkatkan intensitas serangan mereka demi mengejar ketinggalan. Sementara itu, RB Leipzig tetap tampil agresif seperti di babak pertama.

Pada menit 50, wasit sempat menunjuk titik putih untuk Atalanta setelah sepakan Ruslan Malinovskiy dianggap membentur tangan Dani Olmo. Namun, setelah meninjau VAR, Atalanta batal mendapat hadiah penalti karena blok yang dilakukan Olmo tidak mengenai tangannya.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Atalanta justru mendapatkan petaka pada menit 86 setelah Juan Musso melakukan pelanggaran di kotak terlarang terhadap Nkunku sehingga menghadiahi RB Leipzig tendangan 12 pas.

Nkunku pun ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti tersebut. Dengan dingin, Nkunku sukses mengelabui Mussi sehingga mengubah skor menjadi 2-0.

Hingga laga berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. RB Leipzig sukses mempertahankan keunggulan mereka dan berhak melaju ke semifinal Liga Europa usai unggul agregat 3-1 atas Atalanta.

Susunan pemain

Atalanta: Juan Musso (PG); Marten De Roon, Merih Demiral, Jose Luis Palomino; Hans Hateboer, Teun Koopmeiners, Remo Freuler, Davide Zappacosta; Ruslan Malinovskiy, Jeremie Boga; Duvan Zapata.

RB Leipzig: Peter Gulacsi (PG); Mohamed Simakan, Willi Orban, Josko Gvardiol; Benjamin Henrichs, Konrad Laimer, Kevin Kampl, Angelino; Dani Olmo; Christopher Nkunku, Andre Silva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya