Timnas Italia Vs Argentina, Ini Sejarah Duel Eropa-Amerika Selatan

Pemain Timnas Italia ratapi kegagalan lolos ke Piala Dunia 2022.
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA –  Liga-liga top Eropa sekaligus final Liga Champion sudah berakhir. Namun, jangan cemas masih ada laga seru yang berlangsung di pertengahan pekan ini.

Emil Audero Dilirik Timnas Indonesia, Netizen Masih Sakit Hati dengan Ucapan Bapaknya

Timnas Italia dan Timnas Argentina bakal bentrok dalam duel super bertajuk Finalissima. Duel juara EURO 2020 dan Copa America 2021 ini digelar di Stadion Wembley, London, Kamis dini hari WIB, 2 Juni 2022.

Dilansir berbagai sumber duel sumber ini berawal dari nota kesepahaman (MoU) antara UEFA dan CONMEBOL pada 12 Februari 2020. Mereka sepakat mengadakan duel super para juara.

Shin Tae-yong Beri Kabar Baik ke Emil Audero Sebelum Bertemu Ketum PSSI Erick Thohir

Julian Alvarez bersama Timnas Argentina

Photo :
  • instagram.com/juliaanalvarez

Sebenarnya duel super Eropa vs Amerika Selatan ini bukan yang pertama. Sebelumnya, pernah digelar dengan nama Artemio Franchi Cup pada 1985 dan 1993.

Serie A dan Bundesliga Berpeluang Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Pada 1985, Prancis sukses menjadi juara. Les Bleus menaklukkan Uruguay 2-0 di Parc des Princes.

Amerika Selatan ganti berjaya pada 1993 dalam duel yang digelar di Estadio José María Minella, Mar del Plata. Argentina menaklukkan Denmark 5-4 lewat adu penalti. Sebelumnya duel berakhir imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan.

Pada 1992 hingga 2017, turnamen UEFA vs CONMEBOL ditiadakan. FIFA mengadakan Piala Konfederasi yang diikuti juara dari enam konfederasi dunia.

Piala Konfederasi 2017 menjadi yang terakhir diadakan. Akhirnya, CONMEBOL dan UEFA sepakat menghidupkan kembali duel super yang kini bernama Finalissima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya