UEFA Yakin Piala Dunia 2030 akan Digelar di Spanyol dan Portugal

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Verdict

VIVA Bola – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengatakan bahwa dirinya sangat yakin Spanyol dan Portugal akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Kedua negara itu telah menandatangani perjanjian pada tahun 2020 untuk maju menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030.

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • belta.by
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

"Saya yakin Piala Dunia 2030 akan dimainkan di Spanyol dan Portugal," kata Ceferin melalui konferensi video saat pembukaan kongres internasional Football Talks di Lisbon, Portugal, Senin 5 September 2022, dikutip Reuters.

"Tawaran ini adalah pemenang dan kami akan melakukan segala yang mungkin untuk membantu dua negara yang bersemangat dalam hidup dan sepakbola. Apalagi, mereka memiliki infrastruktur yang baik," sambungnya.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Sebanyak 14 stadion di 12 kota telah ditawarkan untuk menjadi salah satu dari 11 tempat di Spanyol yang diharapkan menjadi tuan rumah pertandingan jika Iberia berhasil memenangkan pemungutan suara yang akan dilakukan FIFA pada Mei 2024. Sedangkan, Portugal akan menyiapkan tiga stadion.

Spanyol pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1982 dan sempat mengajukan tawaran bersama Portugal untuk menggelar Piala Dunia 2018, tapi mereka kalah dari Rusia. Sementara itu, Portugal tidak pernah menggelar Piala Dunia, tapi sempat mengadakan Piala Eropa pada 2004.

Di sisi lain, Argentina, Uruguay, Chili, dan Paraguay telah mengumumkan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030, dengan Uruguay memiliki nilai sentimentarl karena merupakan tuan rumah Piala Dunia edisi perdana pada tahun 1930.

Inggris dan Irlandia telah membatalkan tawaran bersama pada awal tahun ini dan memutuskan untuk fokus menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028. Sedangkan, Bulgaria, Serbia, Yunani, dan Rumania, juga membatalkan rencana mereka menjadi tuan rumah bersama.

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • FIFA

Pada tahun 2018, Maroko mengumumkan bahwa mereka akan mengajukan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama dengan Arab Saudi dan Mesir. Kemudian, ada laporan lain yang mengindikasikan bahwa China juga berminat menggelar Piala Dunia 2030.

Piala Dunia tahun ini dijadwalkan berlangsung di Qatar. Lalu, edisi selanjutnya pada 2026, akan digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya