5 Negara yang Pernah Dilarang FIFA Tampil di Piala Dunia, Nomor 4 Rival Indonesia

David Villa saat membawa Timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010
Sumber :
  • ESPN

VIVA Bola – Negara-negara dalam daftar ini sempat masuk dalam blacklist Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan dilarang tampil di Piala Dunia karena berbagai alasan yang berbeda.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

Tentu, keputusan FIFA ini membawa dampak buruk bagi sepakbola 5 negara berikut. Penasaran negara mana saja itu? Berikut daftar 5 negara yang pernah dilarang FIFA tampil di Piala Dunia, dilansir dari Sportbible, Senin 31 Oktober 2022.

1. Afrika Selatan

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Pertandingan Timnas Meksiko U-23 melawan Afrika Selatan di Olimpiade Tokyo

Photo :
  • twitter.com/miseleccionmx

Afrika Selatam sempat dilarang tampil di Piala Dunia, larangan ini berlaku di dua edisi, yakni 1970 dan 1990. Sanksi yang diberikan FIFA tersebut dikarenakan politik apartheid atau kebijakan yang membedakan masyarakat Afrika Selatan berdasarkan warna kulitnya yang berlaku pada seluruh aspek kehidupan.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Politik ini diterapkan dengan tujuan mempertahankan dominasi orang kulit putih. Hal ini membuat orang kulit hitam terasing di tanah airnya sendiri. Bahkan pada tahun 1976 FIFA tegas mencoret Afrika Selatan dari status keanggotaan.

2. Meksiko

Skuad Timnas Meksiko di Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • Twitter: Seleccion Nacional

Meksiko melanggar aturan lantaran federasi sepak bola mereka memberikan izin kepada empat pemain yang memiliki usia melebihi batas untuk tampil di Piala Dunia Junior. Alhasil Meksiko harus berlapang dada setelah dilarang tampil pada Piala Dunia 1990.

3. Chile

Pemain Timnas Chile, Ben Breton rayakan gol.

Photo :
  • instagram.com/copaamerica

Kiper Chile, Roberto Rojas tertangkap tangan melakukan sandiwara di lapangan saat timnya berhadapan dengan Brazil. Ia mengaku terluka akibat lemparan flare dari suporter Brazil.

Namun, setelah ditelusuri rupanya ia menggunakan pisau tersembunyi yang disimpan di dalam sarung tangannya. Akibat ulah konyol tersebut, Timnas Chile dilarang tampil pada Piala dunia 1994.

4. Myanmar

Pemain Timnas Myanmar

Photo :
  • https://the-mff.org/

Negara ini sempat menolak tampil pada kualifikasi Piala Dunia 2002 di Iran. Mereka beralasan memiliki paham politik yang berbeda dengan Iran. Akibat ulah konyol itu, Myanmar dikenakan sanksi oleh FIFA dengan larangan bermain pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

 5. Rusia

Timnas Rusia

Photo :
  • AFP PHOTO/ Kirill KUDRYAVTSEV

Timnas Sepak Bola Rusia harus menelan pil pahit dan mengubur impiannya tampil di Piala Dunia 2022 lantaran invasi negara mereka ke Ukraina. Padahal dua langkah lagi Rusia lolos ke Piala Dunia 2022.

Rusia saat itu bertemu Polandia di path B semifinal playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Karena Rusia dicoret, otomatis Polandia melaju ke final playoff Piala Dunia 2022 untuk menghadapi Swedia.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya