Profil Timnas Ekuador, Bukan Jagoan Tapi Siap Beri Kejutan

Pemain Timnas Ekuador rayakan gol.
Sumber :
  • instagram.com/latriecu

VIVA Bola – Masuknya Timnas Ekuador ke Piala Dunia 2022 sempat diwarnai kontroversi. Ekuador hampir didepak setelah diprotes oleh Timnas Chile. Mereka dituduh menggunakan pemain dari negara lain sepanjang fase kualifikasi zona CONMEBOL (Amerika Selatan).

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Pemain tersebut adalah Byron Castillo yang diduga dipalsukan dokumen kewarganegaraannya. Chile membeberkan bahwa ia sebenarnya adalah pemain asal Kolombia. Namun protes tersebut berakhir ditolak oleh FIFA. 

Pemain Timnas Ekuador, Byron Castillo

Photo :
  • AP Photo/Lynne Sladky
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Timnas Ekuador memang bisa dibilang bukan tim dari Amerika Latin yang kerap diandalkan. Namun bukan berarti kekuatan La Tri bisa dianggap remeh. 

Skuad asuhan Gustavo Alfaro ini berhasil unggul dua poin dari Timnas Peru yang harus gugur di playoff interkontinental fase kualifikasi lantaran kalah adu penalti menghadapi Timnas Australia. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Piala Dunia 2022 merupakan partisipasi Timnas Ekuador yang keempat kali dengan prestasi tertinggi lolos ke fase 16 besar di tahun 2006.

Perjalanan lolos ke Piala Dunia 2022

Timnas Ekuador lolos ke Qatar dengan finis di peringkat keempat babak kualifikasi dengan perolehan 26 poin dari 18 pertandingan (7 menang, 5 imbang, dan 6 kalah). Mereka bahkan sempat menekuk salah satu Timnas jagoan Piala Dunia yakni Uruguay dengan skor 4-2.

Begitu pula ketika Ekuador bersua dengan Kolombia. Enner Valencia dkk pesta enam gol ke gawang David Ospina. Kolombia hanya berhasil membalas satu gol yang dicetak oleh James Rodriguez dari titik putih.

Pemain andalan

Pemain Timnas Ekuador juga banyak yang berkelana merumput di klub top Eropa dan Amerika Serikat. Salah satunya adalah bek Pervis Estupinan yang berseragam Brighton. Selain Estupinan, pemain Ekuador dengan seragam Brighton yaitu Moises Caicedo dan Jeremy Sarmiento. Masih di lini belakang, ada Diego Palacios yang membela Los Angeles FC.

Pervis Estupinan

Photo :
  • instagram @pervisestupinan_oficial

Top skorer Timnas Ekuador dipegang oleh bomber sekaligus kapten Enner Valencia. Sepanjang 74 penampilannya bersama Ekuador, ia sudah mengoleksi 35 gol dan 12 assist. Tentu torehan tersebut menjadi ancaman bagi tim lawan.

Enner Valencia

Photo :
  • instagram @ennervalencia1

Jadwal Timnas Ekuador di fase grup Piala Dunia 2022

Timnas Ekuador bergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Belanda, dan Senegal.

Minggu, 20 November 2022

23.00 WIB – Timnas Qatar vs Timnas Ekuador

Jumat, 25 November 2022

23.00 WIB – Timnas Belanda vs Timnas Ekuador

Selasa, 29 November 2022

22.00 WIB – Timnas Ekuador vs Timnas Senegal

Kiprah Timnas Ekuador di Piala Dunia

2002: fase grup

2006: 16 besar

2014: fase grup

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya