Ini Taktik Senegal Tanpa Sadio Mane di Piala Dunia Qatar 2022

Bomber Senegal, Sadio Mane dengan trofi Piala Afrika 2021.
Sumber :
  • AFP/CHARLY TRIBALLEAU

VIVA Bola – Absennya Sadio Mane dalam ajang Piala Dunia 2022 memberi pengaruh yang cukup buruk untuk timnas Senegal. Pelatih Aliou Cisse kini mempersiapkan taktik seperti apa yang bisa berjalan tanpa pemain bintangnya itu saat laga perdana Grup B menghadapi Belanda di Stadion Al Thumama, yang akan berlangsung Senin, 21 November pukul 23.00 WIB.

Cristiano Ronaldo Kartu Merah, Al Nassr Dibekuk Al Hilal

Diketahui, Sadio Mane awalnya masuk ke dalam skuad resmi Senegal untuk Piala Dunia 2022. Namun, pemain Bayern Munich itu dipastikan tidak akan bisa tampil di tiga laga fase grup yang membekapnya karena mengalami cidera.

Penyerang Bayern Munich, Sadio Mane

Photo :
  • Bayern Munich
Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Cedera fibula kanan yang didapatkanya sekitar dua minggu lalu. Saat itu Mane terpaksa harus ditarik keluar saat Bayern menang telak 6-1 atas Werder Bremen.

Pemain yang kini berusia 30 tahun itu pun sempat menempuh ‘berbagai’ cara untuk bisa sembuh dengan cepat. Sejumlah laporan yang beredar bahkan menyebutkan Senegal menggunakan jasa dukun untuk penyembuhan Mane.

Pertama Dalam Sejarah, Senegal Sah Punya 2 Ibu Negara

Titik Tumpu, Taktik Baru

Pemain Timnas Senegal rayakan gol.

Photo :
  • ANTARA/AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Mengkhawatirkan absennya Sadio Mane merupakan hal yang paling logis saat ini. Sebab, Senegal menjadikannya titik tumpu dalam setiap serangan saat permainan. Dalam 25 gol terakhir yang dicetak Kalidou Koulibaly dkk, 12 di antaranya berasa dari Mane. Tanpa sang pemain, Cisse harus memutar otak mencari taktik baru.

“Rasanya jelas kehilangan besar bagi Sadio dan tim,” ucapnya dilansir dari Fotmob.

Pekerjaan Sulit Taktikal Baru

Aksi pemain Timnas Senegal, Sadio Mane

Photo :
  • Tangkapan layar

Cisse menyadari mencari taktikal baru di saat laga hampir tiba bukan perkara mudah. Itu akan jadi pekerjaan yang sangat sulit untuk Timnas Senegal dalam mengatasi perlawanan Belanda nanti.

“Tapi mau tidak mau kami sekarang harus melihat gaya main setiap pemain,” katanya.

“Situasi ini jadi seperti tantangan besar bagi semua pelatih untuk membangun taktik berdasarkan pemain-pemain terbaiknya,” tambah dia.

Mengandalkan Pemain Muda

Gelandang Timnas Senegal, Idrissa Gueye

Photo :

Ketiadaan Mane menuntut pemain-pemain veteran untuk lebih intens keterlibatannya bagi tim. Ada Edouard Mendy (31) tahun dan berada posisi kiper, Koulibaly di bek, Idrissa Gueye di lapangan tengah, serta Boulaye Dia (26) di ujung tombak.

“Tapi kami adalah tim kuat dengan pemain-pemain berpengalaman dan pemain muda yang siap bersinar. Saya yakin punya tim yang cukup kuat,” tegasnya

“Tidak akan mudah bermain tanpa pemain seperti Sadio. Apalagi lawan yang harus kami hadapi adalah Belanda. Tapi para pemain sudah siap,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya