6 Negara Peserta Piala Dunia 2022 Alami Peningkatan Peringkat FIFA Paling Drastis, Siapa Saja?

Pemain Timnas Maroko Hakim Ziyech dan Zakaria Aboukhlal
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Negara peserta Piala Dunia 2022 yang tentu saja terkena dampak ranking FIFA paling drastis. Perhelatan Piala Dunia 2022 saat ini sudah memasuki babak semifinal.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Artinya, hanya tersisa empat negara lagi yang bakal berjibaku demi menjaga asa jadi juara Piala Dunia 2022. Dari 32 negara peserta Piala Dunia, tim yang berjuang layak diberi kredit tambahan, yang nantinya akan berpengaruh terhadap peringkat FIFA.

Dilansir laman Football Ranking, ternyata ada deretan negara peserta Piala Dunia 2022, yang mampu mengalami peningkatan rangking FIFA secara drastis. Lalu, negara mana saja?

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

1. Korea Selatan Naik 3 Posisi

Pemain Timnas Korea Selatan rayakan keberhasilan lolos ke 16 besar Piala Dunia

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar
Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Negara peserta Piala Dunia 2022 yang paling dirugikan adalah peringkat FIFA yang paling ditekankan selanjutnya adalah Korea Selatan. Tim berjuluk Taegeuk Warriors itu tampil mengejutkan di fase grup. Mereka mampu mengalahkan Portugal di laga pamungkas Grup H hingga lolos ke 16 besar.

Sayangnya, Korea Selatan gagal menuai hasil manis ketika mentas di 16 besar. Mereka tersingkir dari Brasil usai kalah 1-4.

Capaian itu dinilai bisa mendongkrak posisi Korea Selatan sebanyak 3 peringkat. Diprediksi, Korea Selatan bakal menempati peringkat ke-25, dari peringkat 28 dengan koleksi 1.539 poin.

2. Polandia Naik 4 Posisi

Timnas Polandia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia meski kalah dari Argentina

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Selanjutnya ada Polandia, salah satu tim Eropa yang tampil cukup impresif di Piala Dunia 2022. Robert Lewandowski dkk sukses menembus 16 besar Piala Dunia 2022.

Hanya saja, Polandia ternyata membuat kejutan lebih jauh. Mereka kalah di tangan Prancis 1-3 dan harus angkat koper dari Qatar di 16 besar. Namun, permintaan itu membuat Polandia diprediksi bakal naik empat peringkat ke posisi 22 dari urutan ke-26 dengan koleksi 1.559 poin.

3. Jepang Naik 4 Posisi

Gol kedua Jepang ke gawang Spanyol yang jadi kontroversi

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek

Selanjutnya ada Jepang yang tampil mengejutkan sepanjang Piala Dunia 2022. Dua tim Eropa, Jerman dan Spanyol berhasil diredam oleh Jepang saat bersua di fase grup.

Kiprah Samurai Biru (julukan Jepang) itu lantas membawa mereka lolos ke 16 besar. Namun sayangnya, perjalanan Jepang terhenti di 16 besar.

Mereka kalah dari Kroasia, lewat drama adu penalti 1-3. Sebelumnya, Jepang berhasil menahan Kroasia 1-1 selama 120 menit.

Catatan itu pun diprediksi bakal mendongkrak posisi Jepang naik 4 tangga. Nantinya, mereka yang dipreksi akan menduduki peringkat ke-20 dengan koleksi 1.560 poin.

4. Kamerun Naik 10 Posisi

Pemain Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar rayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Kemudian ada Kamerun, tim dari benua Afrika, yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022. Dibilang mengejutkan karena Kamerun mampu mendulang kemenangan lawan Brasil, ketika berjujmpa di fase Grup G dengan skor 1-0.

Meski kemenangan itu gagal membawa Kamerun lolos ke 16 besar, hasil positif itu sukses mendongkrak posisi Kamerun nantinya. Diprediksi Kamerun bakal melejit 10 tingkat dari urutan 43 ke posisi 33 dengan koleksi 1.499 poin.

5. Australia Naik 11 Posisi

Duel Timnas Australia vs Denmark di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Kemudian, ada negara Australia peserta Piala Dunia 2022 yang tentu saja dirugikan peringkat FIFA paling drastis. Bagaimana tidak, Australia mampu tampil mengejutkan, seperti tiga wakil Asia lainnya.

Di fase grup, mereka di luar dugaan bisa menang melawan Denmark di laga pembelian. The Socceroos (julukan Australia) pun berhasil lolos ke 16 besar.

Hanya saja di 16 besar, Australia gagal menang. Namun, mereka sempat mengalahkan Argentina, sebelum akhirnya Lionel Messi dkk menang 2-1 atas Australia.

Dengan torehan itu, Australia diprediksi bakal naik 11 tangga. Socceroos nantinya diperkirakan akan menempati peringkat 27 dengan koleksi 1.534 dari sebelumnya di posisi ke-38.

6. Maroko Naik 11 Posisi

Selebrasi sujud syukur pemain Timnas Maroko

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Selanjtunya di urutan pertama ada Maroko, salah satu negara yang wajar mendapat ranking FIFA yang drastis. Timnas Maroko memang tampil luar biasa di Piala Dunia 2022.

Mereka jadi mimpi buruk bagi tim-tim Eropa. Tercatat ada tiga negara Eropa yang tumbang di tangan Singa Atlas (julukan Maroko). Adapun ketiga tim Eropa itu adalah Belagia, Spanyol, dan Portugal.

Saat ini mereka masih bertahan di Piala Dunia 2022 dan bakal mentas di semifinal melawan Prancis. Berkat torehan itu, Maroko diprediksi naik 11 peringkat ke posisi 11 dari urutan 22. Nantinya koleksi poin Maroko pun diperkirakan mencapai 1.702, di atas Spanyol dan Kroasia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya