4 Torehan Rekor Mendiang Pele Sebagai Pesepakbola Terhebat Sepanjang Masa

Legenda sepakbola Brasil, Pele
Sumber :
  • Instagram: Pele

VIVA Bola – Dunia sepak bola tengah berduka. Legenda pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau yang biasa dikenal sebagai Pele meninggal dunia.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Pele tutup usia setelah sekian lama bertarung melawan kanker. Mantan pemain Santos tersebut berpulang pada usia 82 tahun. Pele tercatat memiliki karier yang sangat gemilang di level klub dan Timnas Brasil. Dia pernah meraih tiga trofi Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Mural wajah Pele di Brasil

Photo :
  • AP Photo
Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Pele juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil dengan 77 gol dalam 91 pertandingan. Rekor tersebut baru bisa disamai Neymar pada Piala Dunia 2022 kemarin.

Dalam perjalanan kariernya, Pele telah mencatatkan banyak rekor. Rekor-rekor tersebut mungkin cukup sulit untuk disamai pemain lainnya. Berikut sejumlah rekor luar biasa yang berhasil dicatatkan Pele dilansir dari Footheball:

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Satu-satunya Pemain yang Raih 3 Piala Dunia

Pele Mantan pemain Timnas Brasil

Photo :
  • Wikimedia

Pele membantu Brasil menjadi juara Piala Dunia 1958 saat usianya masih remaja. Dia mencetak enam gol dan membawa negaranya meraih trofi Piala Dunia pertama mereka.

Pele kembali empat tahun kemudian untuk membantu Brasil mempertahankan gelar mereka di Chili. Sayangnya, Pele hanya bermain dua kali sebelum mendapat cedera.

Setelah gagal pada tahun 1966, Pele mengangkat Piala Dunia yang ketiga dan terakhir pada tahun 1970. Rekor ini sepertinya tidak akan pernah terpecahkan di masa mendatang.

Hattrick Terbanyak

Gambar mendiang pemain sepakbola Pele di Sao Paulo, Brasil

Photo :
  • AP Photo/Marcelo Chello

Pele dikenal sebagai pemain yang sangat produktif. Legenda asal Brasil tersebut sudah mencetak 757 gol dalam 831 pertandingan sepanjang kariernya. Selama berkarier di lapangan hijau, Pele juga telah mencetak banyak hattrick. Dia mencetak rekor 92 hattrick.

Guinness World Records mengakui rekor ini saat Pele bermain untuk Santos, New York Cosmos dan timnas Brasil. Berkat hal itu itu, Pele memenangkan 37 trofi.

Pencetak Gol Terbanyak Timnas Brasil

Pele Mantan pemain Brazil

Photo :
  • Istimewa

Pele selalu menampilkan performa terbaiknya saat bermain untuk negaranya. Dia berhasil membawa Brasil merebut gelar juara dunia sebanyak tiga kali. Pele telah mencetak 77 gol sejak debutnya bersama Tim Samba pada 7 Juli 1957. Dia pun tercatat memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa.

Rekor tersebut mungkin bisa disamai Neymar saat melawan Kroasia di perempat final Piala Dunia 2022. Namun, Pele hanya butuh 92 laga untuk mencetak gol sebanyak itu, sedangkan Neymar memainkan 122 pertandingan.

Pemain Termuda yang Menjuarai 2 Kali Piala Dunia

Mobil Mercedes-Benz milik Pele sang legendaris pemain bola asal Brasil

Photo :
  • Istimewa

Saat Brasil juara Piala Dunia 1958, Pele baru berusia 17 tahun 249 hari. Pele pun menjadi pemain termuda yang memenangkannya. Rekor itu masih bertahan hingga saat ini. Empat tahun kemudian, Pele kembali membantu Brasil memenangkan gelar juara berturut-turut. Kesuksesan itu membuat legenda Santos mencatatkan rekor luar biasa lainnya.

Pada usia 21 tahun, Pele menjadi pemain termuda yang memenangkan dua Piala Dunia. Dan rekor ini mungkin tidak mungkin dipatahkan dalam waktu dekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya