Presiden FIFA Minta Setiap Negara Punya Stadion dengan Nama Pele

Pele Mantan pemain Brazil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bola - Saat menghadiri pemakaman legenda Brasil Pele, Presiden FIFA Gianni Infantino membuat permintaan yang tidak biasa. Dia minta setiap negara di dunia harus menamai stadion sepakbola dengan nama juara Piala Dunia itu.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Pele meninggal minggu lalu pada usia 82 tahun setelah lama sakit dan pemakamannya berlangsung di Brasil, Senin kemarin 2 Januari 2022.

Saat hadir untuk pemakaman Pele di Santos, Presiden FIFA Infantino berbicara kepada media dan membuat pernyataan lebih dari sekedar seruan sederhana.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

“Kami akan meminta semua negara di dunia memiliki setidaknya satu stadion dengan nama Pele sehingga anak-anak tahu pentingnya sosok Pele,” kata Infantino seperti dilansir Football Italia, Selasa 3 Januari 2022.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Pele diketahui menjadi satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia tiga kali. Pele menginspirasi sukses Brasil juara Piala Dunia pada tahun 1958, 1962 dan 1970. Hal yang belum bisa diulangi pemain mana pun hingga kini.

Namun, karir klub Pele hanya berpusat pada dua tim, Santos selama 19 tahun dan kemudian New York Cosmos dari tahun 1975 hingga pensiun pada tahun 1977.

Napoli sebelumnya menamai markas mereka Stadio San Paolo menjadi Diego Armando Maradona hanya beberapa hari setelah kematian legenda Argentina itu pada November 2020. Karena pahlawan Argentina itu pernah bermain di sana dari 1984 hingga 1991, memenangkan dua gelar Serie A, Piala UEFA, Coppa Italia, dan Piala Super Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya