Termasuk Timnas Indonesia, Ini 5 Negara Menolak Bertanding dengan Timnas Israel

Timnas Israel rayakan kemenangan
Sumber :
  • AP Photo/Franc Zhurda

VIVA Bola - Timnas Israel berhasil lolos ke Piala Dunia U-20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut. Namun negara Zionis tersebut mendapat penolakan dari pemerintah Tanah Air.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

Seperti diketahui, Indonesia memiliki hubungan yang dekat dengan Palestina. Maka dari itu, ketika Timnas Israel akan berpartisipasi di Piala Dunia U-20 langsung mendapatkan penolakan dari berbagai kalangan.

Sedikitnya sembilan warga Palestina tewas dan 16 lainnya luka-luka akibat serbuan tentara Israel di wilayah Tepi Barat, Kamis 26 Januari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Majdi Mohammed.
Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Termasuk Timnas Indonesia, ini beberapa negara yang menolak bertanding bersama Timnas Israel, dilansir berbagai sumber sebagai berikut:

1. Timnas Indonesia

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca

Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan

Photo :
  • Twitter | PSSI

Ketika Timnas Indonesia memiliki peluang untuk bermain di Piala Dunia 1958. Namun skuad Garuda menolak untuk pertandingan menghadapi Timnas Israel dalam babak kualifikasi.

Tidak hanya disitu, pada Asian Games 1962, Presiden Soekarno dengan tegas tidak akan mengundang Israel. Meskipun Pemerintah Indonesia mendapatkan sanksi, akan tetapi hal tersebut tidak menyulutkan langkah Soekarno untuk tidak mengundang Timnas Israel bertandingan di Indonesia.

2. Timnas Iran

Timnas Iran di Piala Dunia Qatar 2022

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Timnas Iran menjadi paling keras menolak untuk bermain bersama Timnas Israel, Bahkan dua penggawa Timnas Iran yaitu Iran Hajsafi dan Shojaei yang bermain untuk klub asal Yunani yakni Panionios FC, keduanya di coret dari skuad Timnas Iran setelah keduanya bermain menghadapi klub asal Israel.

"Hajsafi dan Shojaei tidak lagi mendapatkan tempat di timnas Iran. Mereka sudah langgar batas merah iran. bermain melawan representasi Israel tidak dapat diterima oleh negara." kata Mohammad Reza Davarzani selaku menteri olahraga dilansir dari Youtube Bola Toplist.

3. Timnas Argentina

Timnas Argentina juara Piala Dunia Qatar 2022

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Jelang persiapan Piala Dunia 2018, Timnas Argentina yang sudah di jadwalkan akan bertandingan menghadapai Timnas Israel dalam laga uji coba. Namun ketika pemain mengatasi hal tersebut, mereka dengan tegas menolak untuk bermain.

"Asosiasi Sepakbola Argentina akhirnya memutuskan keputusan yang tepat dengan membatalkan laga persahabatan melawan Timnas Israel." kata Gonzalo Higuain penggawa Timnas Argentina.

4. Timnas Mesir

Skuad Timnas Mesir merayakan kelolosan ke final Piala Afrika 2021.

Photo :
  • Twitter/@CAF_Online

Masih di kualifikasi Piala Dunia 1958, selain Timnas Turki dan Timnas Indonesia. Timnas Mesir juga menolak untuk bermain dengan Timnas Israel, Timnas Mesir yang tergabung dalam satu grup bersama Indonesia dan Sudah, memilih untuk tidak bermain dengan Timnas Israel, ini merupakan salah satu bentuk solidaritas kepada warga Palestina.

5. Timnas Turki

Pemain Timnas Turki rayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Mindaugas Kulbis

Sebelum Timnas Indonesia, Timnas Turki lebih dulu menolak untuk bermain dengan Timnas Israel di kualifikasi pada Piala Dunia 1958, bergabung dengan grup yang diisi oleh Timnas Israel. Turki yang dikenal sebagai pendukung penuh warga Palestina lebih memilih untuk tidak bermain dengan Timnas Israel dalam ajang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya