Wacana J League Sesuaikan Jadwal dengan Liga Champions Asia

Promosi ke kasta tertinggi J League
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – J League mewacanakan rencana perubahan jadwal musim mereka. Alasannya mereka menyesuaikan dengan jadwal Liga Champions Asia.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 11 Mei 2024

J League di musim ini berlangsung pada Februari, dan akan berakhir pada Desember. Kemudian dilakukan pertemuan dewan yang membahas persoalan transisi.

Presiden Federasi Sepakbola Jepang (JFA), Kozo Tashima mendorong agar diskusi ini terus dilakukan, dan tak tertutup kemungkinan untuk segera direalisasikan.

Tahun Teraneh dalam Sejarah Sepakbola, 5 Tim Kuda Hitam Jadi Juara

Logo J League

Photo :
  • Dok. J League

Faktor eksternal di balik gagasan ini adalah jadwal Liga Champions Asia musim 2023/2024. Di mana akan dimainkan mulai Agustus 2023 hingga Mei 2024.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

J League yang biasa memainkan musim dalam setahun penuh jelas akan kesulitan. Itulah mengapa, adaptasi seperti jadwal kompetisi Eropa banyak disarankan.

Mengutip Goal Jepang, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) juga memiliki gagasan untuk mengadopsi struktur baru dalam kompetisi internasional. Bahkan pada musim 2024/2025, direncanakan ada tiga kasta kompetisi.

Pertimbangan J League lainnya dalam melakukan perubahan jadwal juga mengikuti kalender jendela internasional. Di mana tim nasional akan memainkan pertandingan di bulan-bulan tertentu.

Dari pandangan beberapa pihak, transisi tidak akan mudah untuk dilakukan. Bahkan ada prediksi kemungkinan besar ini bisa dilakukan baru pada musim 2026/2027.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya