Fantastis, Segini Uang yang Diterima Argentina dari Tur China dan Indonesia

Pemain Timnas Argentina rayakan gol Lionel Messi
Sumber :
  • AP Photo/Nicolas Aguilera

VIVA Bola – Timnas Argentina menjalani tur Asia pada Juni 2023. Mereka mengunjungi China untuk menghadapi Australia pada 15 Juni 2023 dan ke Indonesia untuk menghadapi skuad Garuda pada 19 Juni 2023.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi

Dari tur Asia ini, Argentina dikabarkan mendapatkan hampir Rp100 miliar. "Kami akan mendapat lebih dari US$6,5 juta untuk dua pertandingan persahabatan," ujar seseorang dari AFA yang meminta namanya disamarkan ketika berdialog dengan Infobae. 

Selain itu, Argentina juga sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan makanan dan minuman asal China. Semua berkat prestasi mereka di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23

"Ini adalah sukses total. Belum lagi setelah meraih Piala Dunia," ujar sumber yang sama.

"Sejak 2018 kami telah menggunakan strategi ekspansi global dan pasar Asia adalah yang paling berkembang. Timnas Argentina adalah pemimpin bagi segmen penonton digital di China. Dan margin pertumbuhan di wilayah itu sangat besar," terang sumber AFA.

5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan

Sebelumnya, Argentina diisukan mendapatkan Rp73 miliar dari Indonesia. Itu berdasarkan laporan Jurnalis The New York Times, Rory Smith.

"Tarif untuk satu pertandingan dengan juara dunia telah naik begitu tinggi sampai 5 juta dolar AS (sekitar Rp73 miliar) hanyalah titik awal, menurut pejabat yang mengetahui diskusi tersebut," sambung Rory Smith.

Selain match fee, pihak Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) turut menimbang beberapa opsi komersial lainnya.

AFA juga menghitung dengan cermat potensi pendapatan dari tiket pertandingan, hak siar televisi, dan hak komersial lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya